Peristiwa

Pemdes Bangle Ikutkan UMKM Jualan Hasil Kerajinan di Bazar Ramadhan 2023

Teks foto : Pemdes Bangle Ikutkan UMKM Jualan Hasil Kerajinan di Bazar Ramadhan 2023

BLITAR, DORRONLINENEWS.COM – Masih sekitar Bazar Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Bazar Ramadan tahun 2023, di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kanigoro. Sejak Senin, (27/3/2023) kemarin.

Bazar Ramadhan tersebut diikuti 22 kecamatan se-Kabupaten Blitar, yang terdiri dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari masing-masing desa.

Para pelaku UMKM itu berjualan aneka produk kuliner, kerajinan, fashion, dan lainnya selama bulan suci Ramadhan.

Salah satunya UMKM dari Desa Banggle, sehingga, Pemerintah Desa (Pemdes) Banggle terus berupaya untuk meningkatkan kemajuan dan perkembangan ekonomi UMKM yang ada di desanya.

Kepala Desa Banggle, Nurhuda menuturkan, ada beberapa produk UMKM yang dijual di bazar Ramadhan tahun 2023 ini. Mulai dari aneka kue kering, sale pisang, opak Gambir, matari, enting enting, rengginang (mentah), hingga emping melinjo.

“Bazar Ramadhan ini sebetulnya sangat membantu UMKM menjual produknya. UMKM didesa Banggle kurang lebih 28 dan didesa sendiri selalu melakukan pelatihan pelatihan pembuatan pupuk alternatif juga pengembangan pasar dan sudah mulai banyak diminati warga masyarakat,”kata Nur Huda.

Lebih lanjut dikatakan nya,” Alhamdulillah didesa Banggle sudah banyak pengusaha UMKM UMKM namun sifatnya masih perorangan belum kelompok dan mereka masih mandiri, dan dari pemerintah desa juga pernah melakukan pelatihan pelatihan pembuatan makanan olahan, jajan kering dan dana desa juga dialihkan untuk itu walaupun belum maksimal,”terangnya.

Menurut kades Banggle, pemerintah desa rencananya akan membangun kios kios untuk UMKM disekitar lingkungan pasar untuk produk produk yang ada didesa Banggle guna meningkatkan ekonomi masyarakat . Selain itu UMKM juga pernah dapet pelatihan dari Disperindag juga bantuan peralatan, terkait permodalan masih dari perbankan (KUR), jelas Nur Huda.

Nur huda berharap semoga pemerintah lebih perhatian pada UMKM terutama dalam marketing , karena selama ini sifatnya masih titip titip ke toko toko dan masih banyak resiko , imbuhnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso mengatakan,”saat ini Pemkab Blitar terus mendorong produk UMKM agar semangkin dapat bersaing di pasar nasional.

“Kita genjot produk UMKM. Makanya kita siapkan event-event dan lain sebagainya. Bisa juga melalui sektor pariwisata ataupun yang lain,” jelas Rahmat Santoso.(Herlin)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close