Peristiwa

Musrenbang Perempuan Gresik Dorong Partisipasi Dalam Pembangunan

Teks foto : Wabup Gresik bersama Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Gresik dr. Titik Ernawati usai Musrenbang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Gresik menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) bagi Perempuan Tingkat Kabupaten, Senin (27/02/2023).

Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Gresik dr. Titik Ernawati dalam laporannya mengatakan, Musrenbang diadakan sebagai upaya Pemkab Gresik untuk mengupayakan melaksanakan pengarusutamaan gender dalam setiap rencana pembangunan yang akan dilakukan di Kabupaten Gresik.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan ditentukan oleh kemampuan dalam mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki, termasuk perempuan untuk memajukan Gresik.
Melalui musrenbang tersebut, dr. Titik berharap nantinya para perempuan di Gresik dapat membaca isu gender di wilayah

“Dengan begitu, diharapkan nantinya dapat terwujud akses, partisipasi, kontrol dan manfaat (APKM) masyarakat laki-laki dan perempuan secara adil dalam pembangunan,” ujarnya.

Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah dalam sambutannya, berharap kegiatan ini dapat mengawal program pembangunan di Gresik yang responsif bagi perempuan. Sehingga dapat mengurangi kesenjangan dalam berbagai dimensi pembangunan.

“Saya berharap melalui forum musrenbang bagi perempuan ini partisipasi aktif semua pemangku kepentingan di Gresik dapat berembug bersama dalam memformulasikan rencana pembangunan bagi perempuan, sehingga kegiatan pembangunan bagi perempuan benar-benar sesuai kebutuhan, permasalahan, potensi, dan aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Bu Min itu juga mengajak agar semua pemangku kepentingan untuk turut serta berpartisipasi dan mendukung upaya Pemkab Gresik dalam mewujudkan pembangunan bagi perempuan.

“Saya berharap partisipasi  nyata dari pemangku kepentingan, bukan partisipasi yang sekadar simbolis, tetapi dapat memberikan kepastian bahwa program yang diusulkan dapat terakomodasi,” harapnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close