Peristiwa

Melalui Bank Sampah Gresik, Dorong Kader Berkolaborasi dengan Semua Pihak

Teks foto : petugas sedang menimbang sampah

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Puluhan penggiat bank sampah dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Gresik, hari ini mengadakan dialog bersama dalam meningkatkan gerakan Bank Sampah agar lebih berdampak dalam persampahan di wilayahnya yang digelar di Taman Pemulihan Kelurahan Gending, kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Dalam kegiatan hadir pengurus Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara (Perbanusa) DPD Jawa Timur.

Kegiatan diawali dengan penimbangan bersama di Bank Sampah Induk Hobastank dan dilanjutkan dengan dialog bersama. Peserta saling berbagi pengalaman kendala masing-masing dalam mengelola bank sampah, kendala yang sering dihadapi bank sampah terkait harga beli yang rendah, kesadaran masyarakat dan dukungan pengembangan SDM serta lembaga yang dirasa kurang.

Ketua Perbanusa DPD Jawa Timur, Adi Prasetyo mengatakan, kader Bank Sampah harus berkolaborasi dengan semua pihak mulai dari pemerintah kota, industri daur ulang, perguruan tinggi dan lembaga lainnya.

“Mindset dalam mengelola bank sampah bukan cuma masalah jual barang namun bank sampah harus menjadi bagian dari pengelolaan lingkungan hidup lebih luas dan meningkatkan ekonomi warga. Jadi kalau bisa bank sampah itu juga terhubung dengan ketahanan pangan, kampung wisata dan UMKM,” ungkapnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang Organisasi, Anggota dan Kaderisasi Perbanusa Jatim, Totok Mujiono mengatakan melalui kegiatan ini pihaknya ingin mengajak semua pegiat bank sampah memiliki taraf hidup yang lebih sejahtera.

“Salah satu caranya mendorong bank sampah mengadakan kolaborasi dan kerjasama langsung dengan industri daur ulang dan hal tersebut hanya bisa dilakukan jika bersama-sama,” katanya.

Suasana acara yang santai namun erat dengan nuansa kekeluargaan membuat para pegiat leluasa saling membagikan pengalaman masing-masing. Kegiatan ditutup dengan pembentukan pengurus DPD Perbanusa Kab.Gresik.

Sementara itu, Ketua Perbanusa Gresik Mulyo mengaku, “Saya sangat senang sekali dengan paparan acara tersebut, karena banyak ilmu yang kami dapat,” tukasnya.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close