Peristiwa

Puluhan Pelajar MI YKUI Maskumambang Kunjungi GREEN HOUSE Bangga Petani Muda Desa Sambogunung Untuk Belajar Sains

Teks foto : Puluhan Pelajar MI YKUI Maskumambang Kunjungi GREEN HOUSE

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Puluhan siswa kelas 1 MI YKUI Maskumambang Dukun nampak ceria dan bersemangat, mereka sangat antusias ketika para guru mengajaknya berkunjung ke Green House Bangga Petani Muda di Desa Sambogunung Dukun Gresik. Di sana, mereka belajar sains, lebih tepatnya belajar tentang tumbuhan dan budidaya tanaman. Tak hanya belajar, mereka juga bisa memetik buah melon sendiri untuk di bawah pulang sebagai oleh-oleh di rumah.

Kegiatan petik buah melon adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan MI YKUI Maskumambang pasca selesainya ujian akhir semester gasal. Kegiatan ini berlangsung di hari Senin dan Selasa, tanggal 5-6 Desember 2022 kemarin. “Sengaja anak-anak kami ajak berkunjung ke Geen House Bangga Petani Muda di Desa Sambogunung untuk melihat-lihat bagaimana budidaya buah melon sekaligus petik buahnya di sana setelah mereka berjibaku dengan ujian, agar mereka fres dan bersenang-senang. Inilah upaya lembaga mengimplementasikan pembelajaran outdoor berbasis alam” ujar ustadz Faris Hendro Setiawan selaku kepala madrasah menyampaikan dengan penuh antusias.  

Tak hanya melihat-melihat dan petik buah melon, para pelajar kelas 1 MI YKUI Maskumambang ini juga diedukasi oleh petugas Green House Bangga Petani Muda tentang tanaman melon itu sendiri mulai dari manfaat buah melon bagi kesehatan seperti tersedianya zat-zat gizi yang baik untuk kulit, mata, saraf, ginjal, mampu menjadi penangkal kanker serta mengandung kadar vitamin C yang dapat diandalkan sebagai antioksidan menangkal radikal bebas.

Selain edukasi tentang manfaat melon, mereka juga diedukasi tentang cara menanam, merawat hingga memanen melon. Tak hanya itu, pengenalan macam-macam melon, mengecek kadar kemanisan melon dengan alat Refractometer serta memetik langsung dan makan bersama buah melon adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan para pelajar kelas 1 MI YKUI Maskumambang selama di lokasi. Tentu saja mereka senang, apalagi saat mereka diberi kesempatan untuk memilih dan memetik buah melon dari tangkainya secara langsung. “Saya senang sekali bisa memetik buah melon langsung dari pohonya, terus makan melon  bersama-sama teman, pokoknya asyik dan seru, mantap!” ucap Zulfan Azhar tersenyum lebar penuh semangat.

Kegiatan kunjungan ke Green House Bangga Petani Muda di Desa Sambogunung Dukun Gresik ini adalah bagian dari upaya mengedukasi siswa tentang pentingnya budidaya tanaman dan menjaga kelestarian lingkungan. Selain ilmu yang didapat, pastinya para pelajar ini senang dan bersuka ria apalagi kegiatan ini dilakukan setelah mereka bergelut dengan ujian yang tentu saja menguras energi.

Tempatnya yang sejuk, bertabur pemadangan yang indah karena berada di areal persawahan semakin menambah keasyikan para siswa untuk berlama-lama menikmati kegiatan. Menurut ustadzah Khumairoh, salah satu guru yang ikut mendampingi para siswa mengatakan, “Anak-anak sangat senang sekali apalagi petik buah langsung dari kebunnya, ditambah lagi suasananya yang menyegarkan pikiran dengan udara dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri saat hendak berkunjung ke tempat ini. Sungguh anak-anak senang dan kami pun puas” tandasnya memberikan kesan setelah selesai kegiatan.

Setelah mereka puas menyantap buah melon yang telah disuguhkan, mereka pun bersiap-siap pulang. Sembari membawa melon hasil petikannya sendiri mereka pun bergegas menuju mobil yang membawanya kembali ke madrasah dengan tersenyum lebar, tanda puas dan bahagia. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close