Peristiwa

Warga Dusun Kedungjati Gelar Sedekah Bumi & Pagelaran Wayang Kulit Hibur Masyarakat

Teks foto : Warga Dusun Kedungjati Gelar Sedekah Bumi

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM  – Warga Dusun Kedung Jati, Desa Babatan Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, menggelar kegiatan Sedekah Bumi, Selasa (01/11/2022).

Untuk siang harinya masyarakat Dusun Kedung Jati berbondong-bondong membawa nasi tumpeng komplit dengan lauk pauknya yang kemudian dikumpulkan di halaman Punden Dusun Kedung Jati. Hal itu sebagai bentuk wujud rasa syukur terhadap hasil bumi yang melimpah.

Kepala Dusun (Kasun) Kedung Jati, Ardianto mengajak warganya untuk melestarikan budaya atau tradisi leluhur berupa sedekah bumi yang hingga saat ini masih rutin digelar tiap tahun didusunnya.

“Acara sedekah bumi selain mensyukuri nikmat dan hasil bumi yang melimpah ruah loh jinawi, kegiatan sedekah bumi ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kebersamaan serta menjadikan guyub rukun dan kegotong royongan antar warga,” kata Ardianto

Ardi panggilan lekat Kasun Kedungjati ini, mengaku senang melihat kebersamaan dan guyup-rukunnya warga melalui kegiatan sedekah bumi.

Kasun menilai bahwa sedekah bumi merupakan implementasi sebuah penghormatan untuk para pendahulu (leluhur) tanah Jawa. Dia mengaku senang, karena di dusunnya warga Kedungjati antusias dan terus melestarikannya.

Masih ardi,” Sebuah bangsa dan warga yang baik, yang bisa menghormati dan meneruskan jejak para leluhur dan perjuangan pendahulu kita,” ujarnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong dalam membangun Dusun. Sehingga Dusun Kedung Jati bisa menjadi Desa yang lebih maju sehingga bisa mewujudkan desa yang sejahtera.

Lebih lanjut,“ Mari bersama-sama membangun Dusun Kedung Jati, kalau bukan kita, siapa lagi. Semoga di momentum ini masyarakat bisa lebih keras lagi dalam bergotong royong untuk mewujudkan Dusun Kedung Jati yang lebih maju dan unggul,” pungkas Kasun Kedung Jati, Ardianto.

Sementara itu, untuk malam harinya panitia  menyuguhkan pagelaran seni budaya asli Jawa Timuran wayang kulit live dengan menghadirkan dalang Ki Surono Gondo Taruno, S.Sn,S.Mi., semalam suntuk dari kota Surabaya untuk menghibur masyarakat.(tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close