Peristiwa

Ketua AKD Duduksampeyan Kembalikan Bantuan STB Dari Kemenkominfo

Teks foto : Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Duduksampeyan merangkap Kepala Desa Pandanan Suryadi menolak bantuan STB

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah membagikan set top box (STB) televisi digital kepada warga kurang mampu. Program tersebut ialah sebagai upaya menyukseskan migrasi siaran televisi, dari siaran analog ke siaran digital secara penuh.

Namun ada beberapa Kepala Desa yang mengembalikan bantuan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh beberapa Kepala Desa yang ada di kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik.

Salah satunyan yaitu Desa Pandanan sekaligus sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Duduksampeyan. Kepala Desa Pandanan, Suryadi menyampaikan ke awak media bahwa bantuan STB Digital dari Kemenkominfo di anggap tidak tepat sasaran.

” Kami kembalikan bantuan STB tersebut karena data yang digunakan Kemenkominfo untuk menyalurkan bantuan berdasarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang sudah tidak update lagi. Padahal, seharusnya data yang digunakan ialah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik,” katanya.

Ia menambahkan dari pada jadi polemik didesa kami. “Karena drafnya warga yang mendapat bantuan STB ini warga mampu bukan warga miskin, jadi saya kembalikan ke kecamatan dan diketahui pihak vendor,” imbuhnya, Senin (14/11/2022).

Perlu diketahui, bahwa ada 31 STB TV Digital yang menyasar warga mampu di Pandanan. Warga yang sudah mampu secara ekonomi, televisinya juga sudah digital. Dan bantuan STB yang dikembalikan atas persetujuan seluruh perangkat desa, bahwa bantuan tersebut Tidak sesuai dengan yang ada di lapangan, jadi kami tidak mau.

Sementara itu, perwakilan pihak ketiga atau vendor, Gunawan menyampaikan bahwa pihaknya hanya bertugas menyalurkan bantuan STB dari Kominfo sesuai nama dan alamat.

“Kalau bantuan dikembalikan kami hanya bisa menerima, jika ada komplain atau protes dari warga sepenuhnya tanggung jawab Kominfo,” jelasnya. (tyo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close