Peristiwa

Polsek Pronojiwo Bersama warga Bersihkan Material Longsoran

Teks foto : Anggota Polsek Pronojiwo bersama intansi terkait dan masyarakat bergerak cepat melakukan pembersijan tanah longsor yang terjadi di Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – Anggota Polsek Pronojiwo bersama intansi terkait dan masyarakat bergerak cepat melakukan pembersijan tanah longsor yang terjadi di Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang, Senin (17/10/2022).

Sejumlah petugas Polsek dan Koramil Pronojiwo dan puluhan warga setempat kompak saling bahu-membahu membersikan material longsoram berupa tanah dan lumpur.

Akibatnya, sejumlah rumah warga di Desa Tamanayu tertimpa tanah longsor disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Pronojiwo.

Kaposlek Pronojiwo IPTU Wahono Pudji Santoso mengatakan, mengajak semua pihak mulai dari koramil, kecamatan, perangkat desa dan warga sekitar, untuk bersama sama membersihkan material longsoran di jalan Desa dan sejumlah rumah warga.

“Tanah longsor terjadi di wilayah Pronojiwo ini diakibatkan dampak hujan deras dan tekstur tanah yang labil serta faktor pohon besar sudah banyak yang hilang sehingga menyebabkan tanah longsor,” ujarnya.

Dalam kejadian longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun tanah longsor juga menimpa pagar tembok setinggi kurang lebih 2 meter dengan panjang 10 meter roboh milik warga di Dusun Sriti Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo.

Selain itu, menyebabkan plengsengan atau dinding pembatas sungai longsor sehingga menyebabkan aliran sungai mengarah ke rumah salah satu warga.

“Saat ini air sudah surut, tidak ada lagi air alran yang masuk kerumah salah satu warga,” katanya.

Diketahui tanah longsor dilaporkan terjadi di Dusun Sidomukti RT 25 RW 09 Desa Tamanayu menimpa rumah bagian dapur tembok jebol, dan Dusun Jonggrang, Desa Tamanayu menimpa rumah warga RT 22 , RW 08, dan tanah longsor menimpa samping salah satu warga di Dusun Tamanayu.

“Tanah longsor juga menimpa kandang ayam milik salah satu warga di Dusun Tamanayu,” kata Wahono.(woko)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close