Peristiwa

Kodiklatal Siap Didik 904 Putra Putri Terbaik Bangsa Jadi Prajurit TNI AL

Teks foto : Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono bertempat di Lapangan Samudra Puslatdiksarmil, Sidoarjo, Senin (17/10).

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) siap mendidik putra putri terbaik bangsa, yang telah lolos seleksi penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL), dan secara resmi mengikuti Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLII gelombang 2 T.A. 2022 yang dibuka oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono bertempat di Lapangan Samudra Puslatdiksarmil, Sidoarjo, Senin (17/10).

Pada Angkatan XLII gelombang 2 ini, tercatat 904 orang menyandang status siswa Dikmaba yang terdiri dari 830 siswa Pria, dan wanita 74 siswa Wanita.Bertindak selaku Komandan Upacara dalam pembukaan tersebut Letkol Marinir Niko Herdianto, yang sehari harinya menjabat Komandan Sekolah Bintara Puslatdiksarmil.

Sementara itu dari jumlah total 904 siswa, ;terdiri dari 780 orang berasal dari program reguler atau umum, dan sisanya 124 orang adalah Dikmaba Khusus yang bersumber dari pendidikan D-3 maupun S-1 berbagai disiplin ilmu. Mereka akan mengikuti pendidikan selama 10 sampai dengan 12 bulan. Pendidikan terbagi tiga tahap yakni, tahap pendidikan dasar keprajuritan (Diksarit) dilaksanakan selama 3 bulan, tahap pendidikan dasar golongan (Diksargol)selama dua bulan dan tahap pendidikan dasar lanjutan golongan kejuruan (Diksargolan) antara 5 sampai 7 bulan sesuai korps atau kejuruan masing-masing.

Dankodiklatal dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para siswa sehingga dapat mengikuti pendidikan. “Selamat atas keberhasilan para siswa dalam mengikuti seluruh rangkaian seleksi penerimaan calon siswa Bintara TNI AL, yang cukup panjang mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat. Keberhasilan ini tentunya bukan sesuatu yang kebetulan,tapi memang sudah kalian siapkan sebaik-baiknya, ” ujar Dankodiklatal.

Karenanya Dankodiklatal mengimbau agar seluruh siswa Dikmaba Angkatan LXII gelombang 2 tidak menyia-nyiakan kesempatan yang sudah didapat, dan merupakan suatu kebanggaan ini. Sebaliknya peluang ini harus menjadi dorongan semangat selama mengikuti pendidikan di Kodiklatal.

Lebih lanjut Dankodiklatal berpesan supaya para siswa dapat menanamkan kedisiplinan prajurit matra laut dengan tunduk pada semua peraturan pendidikan yang telah ditetapkan pelatih dan menghindari pelanggaran. Sebab saat mulai masuk pendidikan tahap dasar keprajuritan mereka akan mendapat pembinaan fisik dan mental, serta Dasar-Dasar Kemiliteran secara intensif dan sistematis.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Irkodiklatal BrigjenTNI Marinir Amir Faisol, Kapokgadik Laksma TNI Nuryadi, para Direktur Kodiklatal, serta para Komandan Sekolah di jajaran Kodikaltal. (PenKodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close