Peristiwa

Tegang dan Seru, Lattek Berganda Siswa Dikmata TNI AL Angkatan 42 Gelombang 1 Di Purboyo

Teks foto : Lattek Berganda Siswa Dikmata TNI AL Angkatan 42 Gelombang 1 Di Purboyo

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 42 Gelombang 1 Tahun 2022 Kodiklatal melaksanakan latihan praktek atau Lattek Berganda, yang digelar di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 4 Purboyo, Malang Selatan pada Selasa (13/9). Dipastikan latihan berlangsung menegangkan dan seru karena siswa secara langsung mempraktekkan penembakkan menggunakan Senjata Mesin Ringan (SMR), juga melempar granat asli.

Ada 858 siswa Dikmata Angkatan 42 yang mengikuti lattek berganda tersebut. Mereka adalah angkatan pertama di tahun anggaran 2022 yang telah menjalani pendidikan pertama dasar kemiliteran selama kurang lebih tiga bulan di Puslatdiksarmil Kodiklatal. Latihan ini mendapat perhatian besar dari pimpinan Kodiklatal, dengan kehadiran Wakil Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi di tengah-tengah siswa saat meninjau pelaksanaan latihan.

Didampingi oleh Irkodiklatal Brigjen TNI Marinir Amir Faisol, Danpuslatdiksarmil serta Komandan Sekolah Tamtama Puslatdiksarmil, Laksda Rachmad Jayadi menyaksikan langsung beberapa materi latihan yang dipraktekkan siswa. Seperti Menembak senapan, penembakan SMR ,Mountenering,Dril Perembesan atau Infiltrasi. Juga ada materi IMMP (Ilmu Medan dan Membaca Peta), Jurit Tangkas dan Jurit Malam, Sea and Jungle Survival, dan diakhiri dengan Lintas Medan.

Kepada seluruh siswa Wadan Kodiklatal menegaskan agar selama lattek berganda berlangsung, mereka diharuskan selalu mengikuti prosedur keamanan dari para pelatih supaya lattek berjalan dengan lancar dan aman, serta tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan alias Zero Accident.

Wadan juga menambahkan bahwa latihan ini merupakan wujud upaya Kodiklatal dalam mendidik dan menghasilkan prajurit TNI AL yang profesional, tangguh dan modern. “Hal ini sebagaimana yang ditekankan oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono , yang selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono terkait upaya pembangunan SDM TNI AL yang profesional dan unggul”, terang Wadan Kodiklatal.

Menurut rencana Lattek Berganda dan Sea and Jungle Survival siswa Dikmata Angkatan 42 gelombang 1 akan berlangsung selama tiga minggu, dengan tujuan mereka dapat menimba ilmu dasar kemiliteran dengan baik dan sungguh-sungguh. (Pen kodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close