Peristiwa

Safari Jum’at Untuk Memelihara Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas)

Teks foto : Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febrianto Ali

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – ‘Safari Jumat`.adalah
Salah satu inovasi Polres Lumajang untuk preventif dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat

Polres Lumajang menggelar safari Jumat pada Empat masjid yang berbeda, dalam waktu yang bersamaan di Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan safari Jumat di Masjid Darul Falah Dusun Tulusrejo Desa Karang Rejo di ikuti oleh sejumlah Perwira dan Bintara yang dipimpin oleh Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febrianto Ali, sedangkan PJU yang lain berada di Masjid Baitur Rahman Dusun Sidomulyo Desa Keraton dipimpin oleh Kabagren Kompol Nur Andi Setiyawan, sedangkan di Masjid Al ikhlas Dusun Karang Sari Desa Karanganyar dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Aryanto Agus dan Masjid Baiturrahman Dusun Sentono Desa Krai Dipimpin oleh Kompol Ahmad Sutiyo.

Seusai sholat Jumat, Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febrianto Ali, menyampaikan informasi dan himbauan kepada seluruh masyarakat terutama yang hadir dalam Sholat Jumat berjamaah untuk memelihara keamanan dan ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

Dihadapan para jamaah, Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febrianto Ali menyampaikan untuk mengaktifkan kembali kegiatan Pos Kamling dilingkungan masing-masing untuk mencegah terjadinya pencurian.

“Saya mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan dan menghidupkan kembali siskamling, Yang merupakan peninggalan nenek moyang kita untuk menciptakan guyup rukunnya dalam bertetangga, salah satunya dalam mengaktifkan adalah menyiapkan bunyi bunyian seperti alarm keamanan atau kentongan di masing-masing rumah, karena apabila membunyikan kentongan tersebut bisa membangunkan warga,” terangnya.

Kompol Andi mengajak, untuk melaksankan ronda malam setiap 2 sampai 3 jam sekali bersama dengan Satgas Keamanan Desa (SKD) Bhabinkamtibmas, Babinnsa, dan warga masyarakat atau Relawan.

“Saya minta untuk meningkatkan kinerja SKD yang ada di setiap Desa untuk membantu keamana Desa. Jika ada tamu asing wajib lapor 1×24 jam kepada RT, RW, dan Desa,” jelasnya.

wakapolres menjelaskan, safari Jumat ini merupakan program dari Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka D, S.I.K M.H. yang bertujuan untuk meningkatkan situasi harkamtibmas kondusif

“karena ini adalah bentuk kegiatan preventif dan preemtif. Untk represif ini akan dilakukan dengan membentuk Timsus,” ungkapnya.

Andi berharap kepada warga masyarakat untuk mencegahnya terjadinya curanmor gunakan kunci ganda pada sepeda motor saat memakir kendaraannya sebelum ditinggal untuk beraktivitas meskipun aktivitas tersebut hanya sebentar,

“Jika terjadi tindak kriminalitas segera menghubungi Kepala Desa, Bhabinkamtibmas atau Bhabinsa bila perlu petugas kepolisian atau Polsek terdekat,” pungkasnya.(woko)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close