Peristiwa

Melestarikan Budaya, Desa Tambak Beras Wilayah Binaan Koramil Cerme Mengadakan Tradisi Sedekah Bumi

Teks foto : Danramil Cerme bersama anggotanya Babinsa menghadiri tasyakuran dalam acara sedekah bumi yang bertempat di Gedung Serbaguna Desa Tambak Beras, Kec. Cerme Kab. Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Danramil Cerme bersama anggotanya Babinsa menghadiri tasyakuran dalam acara sedekah bumi yang bertempat di Gedung Serbaguna Desa Tambak Beras, Kec. Cerme Kab. Gresik. Sabtu(3/9/2022).

Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. Upacara ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat dan kenduren yang diadakan di balai desa atau di lahan pertanian maupun tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat desa. Melalui tradisi ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Allah Yang Maha Kuasa.

Turut menghadiri dalam acara sedekah bumi, H. Fandi Akhmad Yani, S.E. (Bupati Gresik), H. Muhammad, S.E., M.HP. (Ketua Komisi IV DPRD Kab. Gresik), Hj. Nur Sa’idah, S.E., M.M. (Wakil Ketua DPRD Gresik), H. Suyono, S.H, S.Sos, M.M.(Asisten 1 Bupati Gresik), H. Umar Hasyim, S.H.,MM.(Camat Cerme), Kapten Inf Karmu (Danramil 0817/08 Cerme), AKP. Musihram, S.H. (Kapolsek Cerme), Wahyudi, S.E. (Kades Tambak Beras), Babinsa Koramil 08 Cerme, Anggota Polsek Cerme, Perangkat Desa dan Warga Desa Tambak Beras.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Gresik, H. Fandi Akhmad Yani, S.E. mengatakan, “Rasa syukur dan terima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Desa Tambak Beras yang masih melestarikan adat Istiadat budaya sehingga dapat dikenal oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.” Ujarnya.

Sebelumnya ada beberapa rangkaian yang diadakan dari mulai kerja bakti kebersihan di sekitar lingkungan Desa, pagelaran arakan karnaval, dan dilanjutkan dengan doa tasyakuran bersama sampai dengan hiburan pagelaran Kesenian Ludruk Karya Baru dari Mojokerto untuk menghibur Warga Masyarakat Desa Tambak Beras.(Pen0817).

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close