Peristiwa

Kekurangan Air Bersih, Satlantas Polres Pasuruan Distribusi ke Ratusan Warga

Teks foto : Satlantas Polres Pasuruan Distribusi ke Ratusan Warga

PASURUAN, DORRONLINENEWS.COM – Ditlantas Polda Jatim senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya soal lalu lintas, tetapi juga peduli terhadap kondisi masyarakat sekitar. Terbukti, Satlantas Polres Pasuruan peduli di daerah yang yang terdampak kekeringan dan kekurangan Air Bersih belum terjamah oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Pendistribusian berada di Desa Mangguhan dan Desa Sibon Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan.

Pendistribusian Air Bersih disambut gembira oleh ratusan masyarakat, antusias luar biasa juga disampaikan oleh warga. Salah satunya, warga Desa Sibon, Solihati (35) mengungkapkan,

“Bersyukur, Alhamdulillah ada air bersih lagi jadi gak perlu susah-susah ke sungai buat ambil air,” terang Solihati dengan mata berkaca-kaca sebagai ungkapan kegembiraan.

Ia menuturkan, sejak dua bulan ini mengambil air di sungai, yang jaraknya lumayan jauh dari tempat tinggalnya. Air yang didapat pun hanya untuk mencuci, mandi, cuci piring dan kakus itu tidak begitu jernih. Sehingga untuk memasak dan kebutuhan sehari-hari lainnya, hanya mengandalkan bantuan air bersih saja.

“Satu-satunya cara ya ke kali (sungai, Red) walaupun kotor paling ya cuma bisa buat mandi, nyuci. Bisa untuk mendapatkan air bersih selain mengambil ke sungai, yaitu dengan membeli. Namun, kami terbebani sebagai warga yang tidak mampu,” jelasnya.

Menurut Solihati, saya biasanya menunggu pembagian air bersih, setiap ada pembagian saya selalu menyiapkan lima ember air kalau ada droping air bersih dari Pemkab Pasuruan.

“Hari ini saya gembira sekali, selain gratis semua warga senang dengan adanya Air Bersih ini. Saya kira dari Pemerintah. Eh gak tau dari pak Polisi dari Polres Pasuruan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sibon, Samsul Arifin mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pihak Polres Pasuruan. Karena, pembagian air bersih di desanya, sangat bermanfaat bagi warga.

“Karena memang wilayah kami sekitar dua bulan itu kekurangan air bersih yang rata-rata satu hari dropping 10 hingga 14 tangki lebih armada air. Warga masyarakat di Desa Mangguan dan Desa Sibon Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan, sangat antusias dan berterima kasih kepada Polri khususnya Polres Pasuruan atas bantuan air bersih dan beras yang diterimanya,” tandas Kepala Desa.

Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama didampingi Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugerah Putra mengungkapkan, kami peduli dengan kondisi masyarakat di wilayah hukum Polres Pasuruan. Oleh karena itu, kami menggelar Bakti Sosial dengan program pendistribusian Air Bersih dan pembagian Beras.

“Pendistribusian Air Bersih ini merupakan inisiatif dari Satlantas Polres Pasuruan. Saya, Kapolres Pasuruan, dan bersama Kasat Lantas beserta jajaran Polsek, Koramil Paserpan, dan Pemerintah Desa bekerjasama ke Desa Mangguan, Kecamatan Pasrepan untuk memberikan bantuan air bersih sebanyak 492 kepala keluarga dan beras 5 kilogram,” tutur Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama di sela-sela kegiatan Pembagian Air Bersih.

Menurutnya, pembagian air bersih ini, untuk meringankan beban warga Desa Mangguan dan Desa Sibon yang sudah hampir dua bulan terdampak kekeringan. Oleh karena itu, Satlantas Polres Pasuruan, menyiapkan 4 tangki air bersih yang dibagikan kepada masyarakat di dua desa terdampak.

“Kalaupun masih ada kekeringan, kami siap membantu masyarakat di wilayah kita yang dilanda kekeringan,” jelasnya.

Ditempat berbeda Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol. Muhammad Taslim Chairuddin, S.I.K., M.H. menambahkan, kami apresiasi dengan program yang dijalankan oleh anggota di daerah. Seperti yang dilakukan oleh Satlantas Polres Pasuruan. Intinya, selama itu bisa menjadi manfaat bagi umat kenapa tidak. Lakukan, kami mensupport kinerja yang positif dan bermanfaat bagi yang membutuhkan,” tandasnya.

Perlu diketahui, pendistribusian Air Bersih disalurkan kepada warga masyarakat di daerah antara lain, Desa Mangguhan Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Total Dusun Mangguan 569 kk dan Dusun Duren 437 kk dengan jumlah tandon 8 titik.

Meliputi : Dusun Duren RT 002 / RW 004 (54 kk), Dusun Duren RT 002 / RW 005 (67 kk), Dusun Duren RT 003/ RW 004 (82 kk), Dusun Duren RT 003/ RW 005 (40 kk), Dusun Duren RT 001/ RW 005 (300 kk), Dusun Duren RT 001/ RW 004 (54 kk), Dusun Mangguan RT 001/ RW 001 (74 kk), Dusun Mangguan RT 003/ RW 001 (49 kk) dan Dusun Mangguan RT 001/ RW 002 (43 kk).

Pendistribusian selanjutnya yaitu, Desa Sibon Kecamatan pasrepan Kabupaten Pasuruan. Meliputi : Dusun Karang Pocok 3 titik tandon jumlah penduduk 542 kk, Dusun Dongol 3 titik tandon jumlah kk 326 kk dan Dusun Pesa’an 2 titik tandon jumlah penduduk 126 kk.

Hadir dalam kegiatan Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si., Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Yudhi Anugerah Putra, S.I.K., M.H., Kapolsek Pasrepan AKP Supriadi, S.H, Danramil Pasrepan Kapten Czi. Bahrin, Kasipropam Polres Pasuruan IPTU Khojin, Kades dan perangkat Desa Mangguan dan Desa Sibon Kecamatan Pasrepan. (anam)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close