Peristiwa

Bersama Bupati, Dandim Gresik Hadiri Kegiatan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

Teks foto : Dandim Gresik Hadiri Kegiatan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bertempat di Gedung Onggo Joyo Jl. Makam Dalem Ds. Manyarrejo Kec. Manyar Kab. Gresik telah dilaksanakan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kab. Gresik Tahun 2022 yang diikuti oleh 300 anak dengan penanggung jawab H. Fandi Akhmad Yani, SE (Bupati Gresik). Jumat(5/8/2022).

Selain Bupati Gresik, nampak hadir Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, S. Sos, (Dandim 0817/Gresik), Suyono, SH. S.Sos., MM., (Asisten 1 Pemkab Gresik), Drs. Abu Hassan, SH. MM., (Kepala dinas PMD Kab. Gresik), dr. Muktibatul Khusnah, MM (Kadinkes Kab. Gresik), Forpimcam Manyar, dr. Ovaldo Kurniawan, (Kepala Puskesmas Manyar), Ir. H. M. Shohirin (Kades Manyarrejo) serta Tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Manyar komplek.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Muktibatul Khusnah, MM selaku Kadinkes Kab. Gresik menyampaikan, bahwa pelaksanaan BIAN dikarenakan terjadinya penurunan cakupan imunisasi yang signifikan dimasa pandemi Covid-19 secara Nasional. Sehingga perlu segera dilaksanakan BIAN dengan tujuan menghentikan tranmisi virus campak dan rubella di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Gresik. selain itu untuk mengendalikan penyakit POLIO, DIFTERI dan PERTUSIS dengan harapan dapat mencapai dan mempertahankan populasi yang tinggi.

“Pelaksanaan BIAN terdiri dari dua IMUNISASI tambahan, berupa 1 dosis campak Rubella tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Sasaran BIAN imunisasi tambahan, campak Rubella diberikan pada anak usia 9-59 bulan. Selain itu imunisasi kejar yang belum lengkap OPV, IPV, DPT-HB-Hib diberikan kepada anak yang berusia 12-59 bulan.”tuturnya.
Dilokasi yang sama, Bupati Gresik yang biasa disapa Gus Yani ini dalam sambutannya menyampaikan yang intinya, bahwa “Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Kami berharap, selama pelaksanaan BIAN seluruh Stekholder baik dari OPD terkait, Camat, Organisasi profesi dan Organisasi kemasyarakatan untuk bersama-sama mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakat agar orang tua dapat membawa putra putrinya ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Semoga dengan kerja sama dari seluruh pihak jejaring imunisasi dan partisipasi dari segenap lapisan masyarakat kita bisa mencapai target yang diharapkan demi terlindungnya anak-anak kita dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.”ujarnya.

Bersama Bupati, Dandim 0817/Gresik menambahkan, bahwa “Imunisasi kepada anak-anak sangat efektif untuk menekan mewabahnya berbagai penyakit yang berbahaya, selain Imunisasi yang diberikan mempunyai manfaat untuk menambah kekebalan tubuh bagi anak-anak Indonesia khususnya di wilayah Kab. Gresik. karena bagaimanapun juga mereka (Anak-anak) adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan menggantikan kita semua berjuang untuk kesejahteraan Bangsa dan Negara Indonesia. jadi sejak dini harus kita persiapkan dan berikan mereka yang terbaik”.pungkas Dandim.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan balon udara secara simbolis menunjukkan bahwa Kegiatan BIAN secara resmi telah dibuka, kemudian Bupati Gresik beserta Dandim 0817/Gresik bersama beberapa perwakilan Stakeholder Kabupaten Gresik turut memberikan vitamin A kepada perwakilan 5 anak, kegiatan berlangsung sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan.(Pen0817).

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close