Peristiwa

TNI AL Gelar Latihan Operasi Dukungan Komlek, Kesehatan, Hukum dan Teritorial

Teks foto : TNI AL Gelar Latihan Operasi Dukungan Komlek, Kesehatan, Hukum dan Teritorial

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – TNI Angkatan Laut menggelar Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) gelombang II tahun 2022 yakni, Operasi Dukungan Komlek, Kesehatan, Hukum dan Teritorial. Latihan yang digelar di Auditorium Gedung JOPR Komando Pembinan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Surabaya itu dibuka Wakil Komandan Kodiklatal, Laksda TNI Agus Hariadi, mewakili Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono (Direktur Latihan), Selasa (19/7).

Dankodiklatal dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wadan Kodiklatal antara lain menyampaikan bahwa Latopsduk II merupakan latihan TNI AL yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel supaya mampu menguasai dan mahir dalam melaksanakan mekanisme PPKM dan penyusunan RO tiap-tiap satuan tugas latopsduk Kesehatan, Hukum, Komlek, dan Teritorial. Sehingga dapat terwujud pola pikir, pola tindak dan persepsi yang sama antar prajurit guna mendukung operasi gabungan TNI.

“Melalui latihan ini kami harapkan dapat meningkatkan pengetahuan pemahaman dan keterampilan serta menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para pelaku latihan sesuai dengan bidang operasi masing masing,” ujar Wadan Kodiklatal mengutip sambutan Dankodiklatal.

Karenanya diharapkan kepada para pelaku latihan tidak memandang latihan ini sekedar rutinitas tahunan, namun ikut berperan secara aktif menyempurnakan konsep peperangan saat ini, sehingga dapat mengoptimalkan peran TNI AL dalam menghadapi peperangan modern yang semaikin berkembang.

Sama halnya dengan Latopsduk I, Latopsduk gelombang II akan dilaksanakan latihan posko dengan metode Latihan Geladi Posko dan E-Geladi Posko dan dilanjutkan Latihan Lapangan dengan Metode Geladi Lapangan. Sesuai dengan perintah dari pimpinan TNI AL, kegiatan latihan ini tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat untuk menghindari penyebaran virus corona.

Latihan yang akan dilaksanakan sampai tanggal 4 Agustus 2022 ini, untuk tahap E-gladi Posko dilaksanakan dari 25 sampai 29, sedangkan manlapnya dilaksanakan tanggal 1 sampai 3 Agustus dan digelar di Gunung Sahari, Surabaya dan Grati Pasuruhan.

Latopsduk II ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan program prioriyas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang unggul. (Penkodiklatal)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close