Peristiwa

Pusdikkes Kodiklatal Gelar Lattek Urikes Game

Teks foto : Pusdikkes Kodiklatal Gelar Lattek Urikes Game

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Laksma TNI Budi Raharjo secara resmi membuka kegiatan Lattek Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) Game siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Kodikdukum, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) di lapangan Apel Pusdikkes, Bumimoro, Surabaya, Senin, (04/04).

Lattek Urikes Game ini berlangsung selama 5 hari dengan peserta sejumlah 106 personel, terdiri dari siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) XXVIII Khusus Tenaga Kesehatan (Susgakes) 40 orang, dan siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Kesehatan XLI/2 sebanyak 66 orang. Siswa Dikmaba ini meliputi kejuruan Rum (Perawat Umum) 41 orang, Farmasi satu orang, PNK (Penunjang Klinik ) 17 orang, dan APM (Asisten para medis) tujuh orang.

Dankodikdukum dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill para siswa Pusdikkes dalam melaksanakan pelayanan dan dukungan kesehatan di tempat tugas yang akan datang. Dengan keterlibatan langsung tenaga kesehatan di satuan-satuan tugas dalam melaksanakan Urikes rutin ataupun seleksi penerimaan calon personil TNI AL, sehingga seorang tenaga kesehatan dituntut profesional dalam menangani urikes.

“Seorang tenaga kesehatan harus mampu bekerja secara cepat, tepat dan terampil untuk memeriksa membaca dan menyimpulkan hasil sesuai standar stakes yang sudah ditentukan sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan personil yang optimal,” ujar Dankodikdukum.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Dinas Kesehatan TNI AL (Diskesal) selaku penanggung jawab terhadap berbagai persoalan dan tatanan kesehatan memandang perlu untuk mendorong personil Kesehatan TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang pemeriksaan fisik pasien dan pembacaan pemeriksaan penunjang sebagai bekal dalam memberikan pelayanan kesehatan, pemeriksaan rutin tahunan dan pemeriksaan kesehatan calon personel TNI AL sehingga didapatkan personel yang qualified.

Dankodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan pelatihan Urikes Game, dan berharap semoga pelatihan ini dapat terselenggara dengan baik demi kemajuan tenaga kesehatan di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Adapaun Intruktur yang langsung memberikan pelatihan yaitu Kol Purn. dr. Asih Puji Widodo, Kolonel Laut (K) dr. Rukma J., Sp.JP., Letkol Laut (K/W) dr. Chonifah, Sp.THT., Letkol Laut (K/W) dr. Sri Sarwosih Indah, Sp.P. Hadir Dalam Upacara tersebut Danpusdikkes, Kadepopsjiandik Kodikdukum, Para Kabag di jajaran Pusdikkes dan para Komandan Sekolah di jajaran Pusdikkes.

Kegiatan lattek ini sebagai salah satu implementasi program prioritas Kepala Staf Angakatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang Unggul. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close