Pendidikan

Lakukan Kegiatan Pondok Ramadhan Raih Keberkahan Dalam Bulan Ramadhan

Teks foto: Kepala Sekolah SMPN 1 Sukodono, Lumajang bersama siswa saat pembagian zakat dalam kegiatan pondok Ramadhan

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Pada bulan suci Ramadhan biasanya masyarakat mengadakan acara-acara keagamaan, untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan amal ibadah. Begitu juga dengan ruang lingkup dunia pendidikan, sekolah atau pesantren yang sering mengadakan event spesial di bulan Ramadhan. Kali ini, SMPN 1 Sukodono untuk mengisi tema kegiatan Ramadhan 2022 atau 1443 H, lakukan kegiatan Pondok Ramadhan 1443 H.

Dikatakan kepala sekolah SMPN 1 Sukodono, Lumajang Edy Purwanto SPd MM, bahwa kegiatan pondok Ramadhan tersebut dilaksanakan pada hari Senin-Rabu, 25 – 27 April 2022 mulai pukul 07.15 – 10.30.
“Kegiatan Pondok Ramadhan kita buka, dalam hal ini
kegiatan Pondok Ramadhan 1443 H bekerja sama dengan lembaga lain yaitu KUA kecamatan Sukodono, KUA kecamatan Sukodono mengutus 18 Orang Ustadz sebagai pemateri kegiatan Pondok Ramadhan tersebut, dan ditambah tim dari lembaga lain sebanyak 4 orang dan dari intern SMPN 1 Sukodono sebanyak 5 guru”, ujar Edy.

“Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah pengetahuan tentang tata cara membaca Al Qur’an mulai dari makhorijul huruf sampai dengan ilmu tajwid dan diakhiri dengan tes membaca Al Qur’an untuk mengetahui siswa mana yang mampu membaca Al Qur’an dan mana yang belum mampu dengan penilaian kualitatif A, B, C, D. Kemudian materi fiqih yang meliputi aspek bersuci, diantaranya bersuci dari hadas besar dan hadas kecil, tata cara dan bacaan sholat. Kegiatan ini juga dilakukan diawali dengan tes bacaan sholat untuk mengetahui siswa yang mampu melafalkan bacaan sholat secara keseluruhan atau masih ada bacaan yang belum hafal sehingga dapat diberikan perlakuan”, ungkap Edy.

Dengan harapan siswa yang belum hafal keseluruhan bacaan sholat ini dapat termotivasi belajar sendiri dan dibimbing guru Pai ketika pelajaran berlangsung.
Disamping itu, kegiatan Ramadhan 1443 H dimulai dari malam pertama Ramadhan sudah ada kegiatan sholat tarwih lalu terjadwal berjamaah bagi siswa dimulai malam keempat ramadhan sampai malam ke 25 namun kegiatan masjid sholat tarawih tetap berlanjut, kedua kegiatan penghimpunan zakat fitrah dari siswa terkumpul 395 paket zakat fitrah dengan berat 5kg perpaket.

“Pembagian zakat fitrah tersebut disalurkan kepada siswa yatim piatu, fakir miskin, pesuruh sekolah, masyarakat sekitar sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal Bapak Ibu Guru SMPN 1 Sukodono kemudian kepada 15 lembaga yang mengajukan permohonan paket zakat fitrah serta tukang becak yang ada disekitar sekolah. Semua itu kita lakukan dengan tujuan untuk meraih keberkahan dalam bulan Maghfirah, menggapai Rahmat merebut Maghfirah dengan ucapan-ucapan doa Ramadhan untuk karakter generasi muda Islami dan untuk menguatkan keimanan dan kreativitas anak muda”, pungkas Edy. (Jiwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close