Peristiwa

Kampung Pancasila Sukorame Mendapat Apresiasi Tim Penilai Dari Korem 084/BJ

Teks foto : Tim Penilai Dari Korem 084/BJ Kampung Pancasila Sukorame

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Sejumlah Kampung Pancasila telah berdiri dengan sangat baik di wilayah teritorial Kodim 0817/Gresik dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakatnya, salah satu diantaranya terdapat Kampung Pancasila yang terletak di Kelurahan Sukorame Kecamatan Gresik. Kamis(24/3/2022).

Kelurahan Sukorame merupakan wilayah binaan dari Koramil 0817/05 Kota yang ditunjuk untuk didirikan Kampung Pancasila, hal ini menjadi alasan dikarenakan di Kularahan Sukorame memiliki keberagaman Suku bangsa, agama dan budaya yang menjunjung tinggi tolerasi Sosial dan kemajemukan.

Sehingga Kampung Pancasila di Kelurahan Sukorame telah disiapkan dengan baik untuk dilombakan bersaing dengan Kampung Pancasila yang lainnya, sehingga ketika mendapat kunjungan dari Tim Penilai Dari Korem 084/BJ yang dipimpin oleh Mayor Inf Budi Hermanto (Pasi Bakti TNI Korem 084/ BJ) dengan didampingi oleh Kasdim 0817/Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi serta Forkopimca Gresik mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa.

Kedatangan Tim Penilai Dari Korem 084/BJ disambut hangat dengan tarian dan nyanyian yang disuguhkan oleh Masyarakat dan Anak-anak setempat dengan sangat meriah, selanjutnya Tim Penilai meninjau Perpustakaan Pancasila dan menerima Paparan tentang Profile Kampung Pancasila oleh Bpk. Uman Iswahyudi, SE selaku Lurah Sukorame.

Dalam sambutannya, Mayor Inf Budi Hermanto mengatakan bahwa, sambutan yang diberikan oleh masyarakat Kelurahan Sukorame sangat luar biasa, hal ini menunjukkan bahwa Kelurahan Sukorame sangat mengimplementasikan nilai-nilai yang terdapat dalam Sila Ke 5 pada Pancasila, “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

“Dalam Kunjungan Penilaian kali ini, kami disuguhkan kondisi nyata oleh masyarakat rasa saling rukun, guyub, keberagaman budaya dan saling menghormati yang sangat kental sekali, hal ini berarti masyarakatnya benar-benar menerapkan Pancasila sebagai dasar dan pedoman hidup untuk menciptakan kesejahteraan, saya sangat terkesan dan mengappresi ini.”tuturnya.

Dilokasi yang sama Kasdim 0817/Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi mengatakan, Kampung Pancasila di Kelurahan Sukorame bisa menjadi contoh positif bahwa inilah Bangsa Indonesia yang sesungguhnya, menerapkan hidup dengan memegang erat Pancasila dalam setiap pola kehidupan masyarakatnya.

“Saya secara pribadi sangat mengapresiasi dan terkesan dengan Kampung Pancasila di Kelurahan Sukorame ini, masyarakatnya walaupun dari berbagai jenis suku walaupun mayoritas Jawa, tetapi sangat guyub dan rukun, terlebih ketika disajikan adanya perpustakaan, ini menunjukkan bahwa masyarakatnya mengutamakan pendidikan dan ikut mencerdaskan bangsa, saya sangat kagum.”tutur Kasdim.

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close