Politik

Camat Balongpanggang Gelar FGD Untuk Fasilitasi pengelolahan keuangan Desa Dan Pemberdayaan Aset Desa

Teka foto : Camat Balongpanggang beserta Nara Sumber dari DPRD Gresik

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bertempat di aula Gedung Baru kecamatan Balongpanggang Camat M.Amri selenggrakan Forum Group Discussion(FGD) yang bertemakan fasilitasi pengelolahan keuangan Desa dan pemberdayaan aset Desa. Adapun sevagai Nara Sumber komisi 3 DPRD Gresik Hj. Komsatun, S.Sos. dan H. Moh Syafi’ A.M. S.H. bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sri Handrayani serta Kaur keuangan dari seluruh desa se-kecamatan Balongpanggang. Jum’at, (11/03/2022)

Camat Balongpanggang M. Amri membuka secara langsung FGD ini dengan menyampaikan bahwa Forum ini diadakan Sebagai bahan kepengurusan dan kebijakan dalam mengatur pengelolahan keuangan yang ada di pemerintahan Desa di Kecamatan Balongpanggang.

Amri juga menyampaikan bahwa Peningkatan kualitas perangkat desa sudah waktunya untuk ditingkatkan kembali agar keuangan desa bisa dipergunakan untuk kebutuhan desa terutama untuk kemajuan masing masing Desa yang ada dikecamatan balongpanggang. Ungkapnya

Dalam kesempatan ini Komisi 3 DPRD Gresik Hj, Komsatun menyampaikan dalam sambutannya bahwa FGD ini adalah bentuk dan sebagai tugas kita sebagai DPRD agar bisa memberikan masukan masukan kepada pemerintahan desa dalam mengatur dan mengelolah keuangan desa sesuai dengan permendagri
Karena pengelolaan keuangan didesa sudah jelas, akan tetapi tergantung kepala desa bagaimana cara pengelolahannya dan apabila kades bisa lincah dan mau bergerak desa akan bisa lebih maju.

Hj. Komsatun berharap desa dikecamatan balongpanggang bisa dab Harus memunculkan desa percontohan dari sisi swadaya dan pengelolahan desa dengan cara ATM (AMATI TIRU DAN MENGAMATI)

komsatun juga mengatakan agar desa desa dikecamatan balongpanggang ini bisa mengelola aset aset yang ada di masing masing desa dengan cara berinovasi dan berkreasi apa yang berpotensi didesa agar desa bisa mendapatkan masukan dan dana tambahan untuk memajukan Desanya.

Lanjut komsatun mengatakan agar kepala desa bisa mengajak masyarakatnya besinergi bersama pemerintahan desa untuk membangun desanya agar bisa lebih maju dan bisa menghasilkan dana tambahan untuk meningkatkan dan kemajuan desanya.

Sambutan dilanjutkan oleh perwakilan dari Dinas PMD Sri handrayani beliau menyampaikan agar pengelolahan keuangan Desa bisa sesuai permendagri no.20 tahun 2018 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Desa sudah difasilitasi sebuah aplikasi yang sangat membantu desa untuk mengatur administrasi desa dan juga memudahkan desa untuk pelaporan pelaksanaan desa.

SriHandrayani berharap desa bisa benar benar memanfaatkan aplikasi bumdes ini Karena aplikasi ini sangat sangat memudahkan desa dalam administrasi dan pelaporannya.

Akhir acara Sekcam Balongpanggang Nurul Mukhid mengatakan dari pantaunnya Kecamatan Balongpanggang ini sudah tertinggal dengan kecamatan kecamatan yang lain karena dikecamatan Balongpanggang belum pernah ada pelatihan pelatihan untuk kaur keuangan desa.

Agar kapasitas perangkat desa lebih berkwalitas dan untuk itu nanti kita akan berdiskusi untuk mengadakan pelatihan untuk perangkat perangkat desa yang ada dikecamatan Balongpanggang dan diharapakan pemerintahan Desa dikecamatan Balongpanggang bisa mengadaknnya untuk aparatur Desa agar bisa meningkatkan Kapasitas Aparatur Desanya masing masing. pungkasnya (lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close