Peristiwa

Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 Puslatdiksarmil Kodiklatal Laksanakan Urikes

Teks foto : Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 Puslatdiksarmil Kodiklatal Laksanakan Urikes

SIDOARJO, DORRONLINENEWS.COM – Sebanyak 762 Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan XLI/2 yang saat ini sedang menempuh pendidikan Dasar Keprajuritan di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Pusladiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) yang digelar di Gedung Agung Kesatrian Puslatdiksarmil Juanda Sidoarjo, (19/2/2022).

Urikes yang dilaksanakan oleh tim Tenaga Kesehatan Satuan Kesehatan (Nakes Satkes) Kodiklatal ini dilaksanakan secara bertahap hingga beberapa hari kedepan, hal ini untuk menghindari penyebaran Covid 19 varian baru Omricon di tengah prajurit Siswa yang sedang menempuh pendidikan di Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Kegiatan urikes ini, merupakan salah satu bagian untuk menyaring sejak awal dalam usaha mencetak prajurit TNI AL yang profesional sesuai dengan harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam program prioritasnya membangun SDM TNI AL yang Unggul.

Adapun Urikes yang juga disebut Medical Chek Up ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini bagi para siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 Puslatdiksarmil. Tahapan dalam pemeriksaan Urikes ini diawali dengan wawancara medis mengenai keluhan selama pendidikan, pemeriksaan phisik, pemeriksaan klinis dan pemeriksaan riwayat kesehatan bila terdapat keluhan.

Selain itu juga dilaksanakan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan tes darah untuk melihat kadar Hb, leukosit dan trombosit. Pemeriksaan jantung dengan menggunakan alat khusus atau EKG, pemeriksaan mata untuk mengetahui kualitas pandangan,

Jika hasil Urikes ditemukan gejala penyakit tertentu atau mengarah pada penyakit tertentu maka akan dilakukan pemeriksaan kembali dengan prosedur yang lebih lengkap dan rinci mengenai penyakit tersebut, bila perlu dirujuk ke RSPAL dr. Ramelan Surabaya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (Pen/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close