Peristiwa

BUMDesma Maju Sejahtera Balongpanggang Bantu Warga Terdampak Banjir Akibat Luapan Sungai Kalilamong

Teks foto : Direktur BUMDesma Maju Sejahtera didampingi oleh Penasehat Siswadi, serta disaksikan oleh Forpincam Balongpanggang (Camat M.Amri, Danramil Kapten INF Erik Tjahya dan Kapolsek AKP Muhammad Zainudin), Kepala Desa Pucung Khoirul Anam serta beberapa orang dari jajaran Satpol PP, TNI, Polri.

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – BUMDesma Maju Sejahtera Kecamatan Balongpanggang respon bergerak cepat, memberi bantuan kebutuhan pokok atas musibah yang terjadi saat ini yakni banjir akibat luapan Sungai Kalilamong yang melanda 6 desa di Kecamatan Balongpanggang, sejak pukul 01.00 wib.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur BUMDesma Maju Sejahtera didampingi oleh Penasehat Siswadi, serta disaksikan oleh Forpincam Balongpanggang (Camat M.Amri, Danramil Kapten INF Erik Tjahya dan Kapolsek AKP Muhammad Zainudin), Kepala Desa Pucung Khoirul Anam serta beberapa orang dari jajaran Satpol PP, TNI, Polri.

Pengurus BUMDesma Maju Sejahtera melalui penasehatnya Siswadi yang juga Ketua AKD Balongpanggang mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat terdampak, dan ini spontan saja, hanya koordinasi dengan Direktur BUMDesma saat banjir tiba, dan Alhamdulillah atas kecepatan koordinasi sehingga pada hari ini bisa realisasikan bantuan.

Lebih lanjut Siswadi menjelaskan bantuan ini berupa kebutuhan pokok (bahan makanan) yang bisa dimanfaatkan saat ini, dengan 6 Desa sasaran yakni Desa Pucung, Karangsemanding, Sekarputih, Wotansari, Dapet dan Banjaragung, jelas Siswadi sembari mengatakan bahwa ” BUMDesma ini dari masyarakat dan untuk masyarakat”. apalagi bantuan saat ini benar benar dibutuhkan.

Sementara Camat Balongpanggang M.Amri yang sejak pagi sudah dilokasi banjir, kepada media Ia memberi keterangan terkait banjir ini merupakan luapan kali lamong yang berasal dari daerah Mojokerto dan Lamongan yang hujan lebat kemarin sore (Rabu), meskipun di kecamatan Balongpanggang intensitas hujan rendah dan sedang.

Setelah menerima laporan banjir Ia bersama bersama muspika sejak pagi melakukan pengecekan ke semua desa terdampak untuk melihat kondisi terkini Dari luapan kali lamong tersebut guna mengambil tindakan yang diperlukan.jelasnya.
.
Adapun dari pakaiannya bahwa desa Banjaragung, Wotansari dan Pucung yang relatif tinggi, Alhamdulillah sore ini sudah ada penurunan yang signifikan utamanya Wotansari, sementara desa Banjaragung dan Pucung juga mngalami penurunan walau tidak terlalu besar.

Dari hal tersebut kami dari jajaran Muspika Balongpanggang sudah melakukan upaya sedini mungkin terus berkoordinasi dengan seluruh Kades terdampak untuk tetap inten berkoordinasi terkait pasang surutnya kali Lamong, Amri juga berharap kepada Kades agar tetap memantau aktifitas warganya masing masing.

Selain memantau Ia juga ikut serta bersama sams dengan Bumdesma memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak.

Disisi lain, Amri juga sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait (BPBD & Dibsos) perihal rencana penentuan dapur umum maupun bantuan lainnya dan hasilnya mereka hari ini juga sudah ditindaklanjuti dan tim dari dinas terkait sudah turun guns memantau kondisi lapangan.

M.Amri berharap banjir ini segera reda agar aktifitas warga bisa sgera pulih, juga berharap agar pihak PU segera menginventarisir hal hal apa yang perlu dilakukan terkait rencana normalisasi kali lamong khususnya di Kecamatan Balongpanggang ini, pungkasnya sembari menyusuri derasnya air bersama Forpincam lainnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close