Peristiwa

Buka Pertemuan DPC HARPI Melati se Jatim, Wabup Gresik Mengajak Untuk Tetap Melestarikan Budaya dan Adat Istiadat

Teks foto : Wabup Gresik Buka Pertemuan DPC HARPI Melati se Jatim

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – “Saya yakin kedepan Organisasi ini akan menjadi organisasi yang berkembang dan maju, sehingga dapat membuka peluang kerja bagi generasi muda serta tetap menjadikan budaya di rumah sendiri artinya tiap daerah ada ciri khas dan keunikan tersendiri di dunia tata rias,”.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah saat membuka kegiatan pertemuan rutin Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Ahli Rias Pengantin (HARPI) se Jawa Timur yang dilaksanakan di Pendopo Pemerintah Kabupaten Gresik Jl Wachid Hasyim. Jum’at (11/02/22).

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani (Ning Nurul), Ketua DPD HARPI Melati Jawa Timur Endah Rusman dan Ketua Paguyuban DPC HARPI Se Jawa Timur Munif.

Wabup juga berharap keberadaan organisasi HARPI Melati di Jawa Timur untuk terus dapat menjaga dan melestarikan budaya maupun adat istiadat yang ada di tiap tiap daerah yang ada di Indonesia,” Ujarnya.

Menurut Wabup masing masing daerah mempunyai ciri budaya adat istiadat dalam cara tata rias pengantin oleh sebab itu pertahankan ciri khas dalam merawat ataupun merias. Saat ini tata rias pengantin telah berkembang dan banyak mengalami perubahan, akibatnya nilai-nilai budaya terdahulu yang identik dengan busana adat, mulai tergerus oleh perkembangan zaman,”tuturnya.

Ini merupakan tantangan bagi DPC HARPI Melati dimana setiap kali diundang dalam acara pernikahan selalu bisa memberikan tata rias yang terbaik sesuai apa yang menjadi keinginan pihak pengantin maupun keluarga,”jelas Wabup.

Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Gresik akan selalu mensuport memotivasi dan mendukung penuh organisasi ini agar tidak hanya dikenal tingkat nasional namun bisa go internasional,”terangnya.

Di akhir sambutan Wabup juga mengajak kepada seluruh DPC HARPI yang hadir untuk tetap melaksanakan disiplin Protokol kesehatan dan mensukseskan program Vaksinasi pemerintah guna memutus mata rantai Covid-19 agar masyarakat dapat melakukan aktifitas kembali secara normal,”pungkas Wabup Bu Min.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Ahli Rias Pengantin (HARPI) Melati Jawa Timur Endah Rusman mengatakan HARPI Melati ini merupakan organisasi sosial dan kegiatan ini merupakan agenda rutin dua bulan sekali kita adakan,”terangnya.

Lebih lanjut Endah Rusman menjelaskan kegiatan pertemuan ini tujuannya tidak lain adalah untuk saling belajar dan bertukar ilmu. Semoga kami dapat tetap konsisten dalam memelihara dan melestarikan adat istiadat ataupun budaya pengantin yang ada di Indonesia,”pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPC HARPI Melati Kabupaten Gresik Nurul Fajeri menyampaikan acara pertemuan rutin ini diadakan setiap dua bulan sekali dan kebetulan hari ini Kabupaten Gresik ketempatan kegiatan pertemuan ini,”terangnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih banyak kepada Wakil Bupati Gresik dan Ketua Tim Penggerak PKK yang sudah mendukung terselenggaranya acara ini mudah mudahan kedepan HARPI dapat memberikan kontribusi dan sumbangsih untuk Pemerintah Kabupaten Gresik,”tandasnya.

Ketua Paguyuban DPC HARPI se Jawa Timur, Munif mengatakan dalam acara pertemuan rutin ini merupakan kegiatan saling belajar bertukar ilmu dan sharing antara DPC HARPI satu dengan yang lain yang ada di Jawa Timur.

Ia berharap dengan bertukar ilmu ini DPC HARPI Melati se Jawa Timur ini bisa terkenal di Nasional bahkan Internasional seperti harapan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dengan tetap melestarikan kebudayaan dan adat istiadat yang ada,”tandasnya. (Anto)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close