Pendidikan

Prajurit Siswa Pusdikkes Kodiklat TNI AL Sigap Tangani Korban Kecelakaan Lalin

Teks foto : Prajurit Siswa Pusdikkes Kodiklat TNI AL Sigap Tangani Korban Kecelakaan Lalin

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Sebanyak sembilan Prajurit Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Prajurit Karir (PK) TNI AL Angkatan XLI/1 Tahun 2021 Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Evakuasi Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Jl. Baluran Km 52 Situbondo, Selasa (4/1/2022).

Kegiatan tersebut diawasi secara langsung oleh Komandan Sekolah Khusus Kesehatan (Dansesuskes) Pusdikkes Letkol Laut (K) M. Tarigan, S.E, sekaligus sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Lattek Jalasena Husada siswa Dikmaba Angkatan XLI/1 Pusdikkes.

Dalam latihan tersebut, disimulasikan telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan prajurit TNI AL di Jl. Raya Baluran yang mengakibatkan korban mengalami luka cukup parah pada bagian kaki dan kepalanya. Kecelakaan tersebut, langsung ditangani oleh anggota Pomal yang kebetulan melintas di tempat kejadian.

Pomal kemudian memberikan informasi kepada Team Dukungan Kesehatan (Dukkes) untuk segera memberikan pertolongan kepada korban yang mengalami patah tulang dan luka-luka. Team Dukkes segera bergerak ke lokasi dan mengevakuasi korban dengan cepat dan tanggap di bawa ke Rumah Sakit terdekat untuk dilaksanakan perawatan lebih lanjut.

Simulasi tersebut merupakan Lattek Lapangan Jalasena Husada siswa Pusdikkes Kodiklatal yang akan dilaksanakan selama 15 hari di Baluran, Situondo. Selain melibatkan siswa Dikmaba Angkatan XLI/1 Kejuruan APM, Lattek tersebut juga melibatkan Pembimbing Siswa (Bingsis), Instruktur dan pendukung kemarkasan serta tenaga kesehatan dari Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal.

Adapun Materi yang dipraktekkan dalam lattek kesehatan lapangan Jalasena Husada ini adalah menangani beberapa korban dalam operasi Amfibi diantaranya penanganan luka tembak, luka ranjau, luka tusuk usus terburai, korban nyaris tenggelam di sungai, luka patah tulang dan korban head stroke.

Selain melaksanakan Lattek Jalasena Husada tersebut, prajurit siswa Pusdikkes juga melaksanakan dukungan kesehatan kepada prajurit siswa Pusdikpomal Kodiklatal yang dalam waktu bersamaan melaksanakan Lattek Widayaka Pratama di Situbondo. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close