Peristiwa

Lahan Milik Para Terdampak Erupsi Tetap Menjadi Hak Miliknya

Teks foto: Wapres RI saat mengunjungi pembangunan Huntara dan Huntap

LUMAJANG,DORRONLINENEWS.COM – Pasca bencana erupsi gunung Semeru, untuk kelangsungan perekonomian, para terdampak erupsi yang mendapatkan Huntara atau Huntap tetap berhak memiliki lahan mereka. Dengan catatan peruntukannya bukan untuk hunian kembali.

Hal itu dijelaskan bupati Lumajang Thoriqul Haq saat acara kunjungan Wapres RI, KH Ma’ruf Amin ke lokasi hunian sementara (Huntara) di desa Sumbermujur, kecamatan Candipuro, kabupaten Lumajang, Jawa Timur (14/01/2022). Bupati menjelaskan, bahwa untuk kelangsungan perekonomian pasca bencana, dirinya mempersilahkan lahan mereka tetap menjadi haknya.

Namun, dengan catatan peruntukannya bukan untuk hunian kembali. Selain itu ia juga akan membangun kandang terpadu agar masyarakat mendapatkan penghasilan dari itu. “Kita saat ini sedang merencanakan pembangunan kandang terpadu, untuk pertanian lahan yang mereka miliki tetap menjadi lahan mereka. Tentu butuh waktu untuk mereka bercocok tanam kembali, mungkin bisa dijadikan tanaman perkebunan seperti sengon atau lainnya”, ujar bupati.

Bupati menargetkan dalam 1,5 bulan ke depan proses pembangunan huntara dapat dirampungkan secara keseluruhan. Dalam prosesnya, pembangunan akan dikerjakan bersama-sama oleh seluruh relawan maupun non governmental organization (NGO). “Secara bersamaan akan dibangun semoga dalam waktu 1,5 bulan ini semoga secara keseluruhan bisa selesai, kita prioritaskan dulu yang mempunyai balita, anak-anak dan lansia. Secara beriringan jika pembangunan hunian sementara sudah, hunian tetapnya bisa langsung dilakukan pembangunan”, jelasnya.

Sementara Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyebut bahwa hunian sementara untuk masyarakat terdampak erupsi gunung semeru sebagai model perkampungan relokasi yang ideal. “Ini betul-betul pemukiman yang ideal, bagus, air minumnya setiap keluarga sudah disiapkan, bahkan pengolahan limbahnya juga, ini disiapkan dalam perencanaan yang terpadu. Ini model perkampuangan yang ideal”, ungkapnya.

Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi langkah Pemkab Lumajang dalam mempersiapkan pembangunan huntara. Ia berharap agar pembangunannya bisa segera diselesaikan agar para pengungsi kembali hidup normal. “Tentu permintaan saya secepatnya sesuai dengan permintaan para pengungsi agar hari raya bisa ditempati”, pungkas Ma’ruf Amin. (Jiwo)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close