Peristiwa

Dankodiklat TNI AL Terima Paparan Rencana Empat Kegiatan Lattek Siswa

Teks foto : Dankodiklat TNI AL Terima Paparan Rencana Empat Kegiatan Lattek Siswa

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan pejabat utama menerima paparan rencana empat kegiatan Latihan Praktek (Lattek) siswa Kodiklatal. Paparan dilaksanakan di Ruang Joglo Pokgadik Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (17/1/2022).

Keempat Lattek tersebut adalah Lattek Siswa Pendidikan Komando Pasukan Katak (Dikopaska) Angkatan XLV Siswa Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) Pusdiksus dan Pendidikan Penerbang (Dikpenerbang) Angkatan XXVI Siswa Sekolah Penerbangan TNI AL (Senerbal) Pusdiksus oleh Mayor Laut (P) Candra. Sementara Lattek lainya yakni, Pendidikan Intai Amfibi (Diktaifib) Angkatan XLVIII Siswa Sekolah Kusus (Sesus) Pusdikif Marinir oleh Letkol Mar Mintarjo dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLI/2 Siswa Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) oleh Letkol Laut (P) Johanes Bagus Wibowo.

Selain Dankodiklatal, pejabat utama yang hadir dalam paparan tersebut yakni, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Paban I dan II Ditdik, Paban IV Ditjianbang, Paban II dan IV Ditum, Danpusdiksus dan Komandan Pusdikif Kodikmar.

Paparan pertama Dikopaska Angkatan XLV Siswa Sekopaska Pusdiksus oleh Dansekopaska Letkol laut (P) Wido yang antara lain menyampaikan bahwa tujuan Lattek utnuk membekali siswa dengan mata pelajaran kepaskaan dan komando hutan agar memiliki kemampuan dan ketrampilan dasar-dasar komando sesuai prosedur yang baik dan benar. sehingga kedepan dapat diaplikasikan dalam kedinasan sebagai prajurit Kopaska yang mampu melaksanakan tugas tempur dan tugas khusus.

Lattek Dikopaska akan dilaksanakan selama 48 hari di daerah latihan Puslatpur Marinir Karang Tekok, Hutan Selogiri Situbondo. Materi Lattek Siswa ini meliputi demolisi atas air, demolisi bawah air, renang tembus gelombang, dayung tembus gelombang, renang rintis, perimeter pantai, pengintaian pantai, kartografi, Surob, Sneak Attack, patroli, taktik satuan kecil, navigasi jarak jauh, Sea Survival, sebelumnya Lattek telah melaksanakan Inersi/extrasi meliputi Hello Cast, Stabo dan Fast Rope, Cast Kapal Cepat, VBSS dikapal atas air dan peluncuran dari Petor Kapal Selam.

Paparan kedua oleh komandan Sekolah Penerbang TNI AL (Dansenerbal) Letkol Laut (P) Candra tentang Lattek Terbang Mula yang akan dimulai 19 Januari -21 Juli 2022 yang diikuii 12 Siswa. Sementara materi yang akan diajarkan antara ;lain, familiarization peralatan, maneuver dasar, pre solo stage, precision stage, basic instrument, radio instrument, formation, night fligt dan vavigation.

Sedangkan rencana Lattek Diktaifib angkatan XLVIII dipaparkan Dansesus Letkol Marinir Mintarjo yang akan dimulai 24 januari -28 April 2022 di wilayah Karang Pilang Surabaya, Koarmada II, Pantai Jangkar Situbondo, PLP-5 Narinir Baluran, PLP-7 Marinir Lampon. Materi latihan berupa menembak senjata ringan (Baksenri), penyelaman., Kelautan. Menembak snjata bantuan infantri (Baksenbanif), intai amfibi dan komando hutan.

Sementara paparan terakhir berupa Lattek Dikmata Angkatan XLI/2 Siswa Puslatdiksarmil oleh Letkol Laut (P) Johanes Bagus Wibowo. Dalam paparannya antara lain menyebutkan bahwa Siswa Dikmata akan melaksankan Lattek di Puslatpur Purboyo Kabupaten Malang, Lattek akan dilaksanakan selama 16 hari yang terbagi empat tahap yakni tahap pertama Lattek menembak meliputi menembak senapan, pistol dan Senjata Mesin Ringan (SMR). Tahap dua Lattek berganda meliputi jurit tangkas dan jurit malam, perembesan, lempar granat, pioner, Lattek kompas, sedangkan tahap tiga yakni Sea and Jungle Survival meliputi praktek Eksersisi perahu karet, penggunaan lifrat, menangkap dan memasak binatang. Tahap keempat atau terakhir yaitu gerakan lintas medan (Limed) dengan jalan kaki. (Lono)
.

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close