Peristiwa

Tingkatkan Kemampuan Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/1 Kejuruan APM Mengikuti Lattek Pelayanan Kesehatan

Teks foto : Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/1 Kejuruan APM Mengikuti Lattek Pelayanan Kesehatan

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-41 Gelombang 1 Kejuruan Asisten Para Medis (APM) yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes), Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum), Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengikuti Latihan Praktek (Lattek) Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan TNI Angkatan Laut yang berada di Satuan Kesehatan (Satkes) Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Rabu, (1/12/2021).

Kegiatan Lattek ini di bawah kendali Komandan Pusdikkes (Danpusdikkes) Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort. selaku Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Pelayanan Kesehatan Siswa Dikmaba TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-41 Gelombang 1 Kejuruan APM dan bertindak sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) adalah Komandan Sekolah Khusus Kesehatan (Sesuskes) Pusdikkes.

Adapun Tujuan dari pendidikan ini adalah mendidik dan membekali para siswa menjadi prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme Matra Laut dengan pengetahuan dan keterampilan teknis di bidang kesehatan sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Juru I Asisten Tenaga Kesehatan di Faskes TNI Angkatan Laut.

Sedangkan sasaran pendidikan yaitu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit pejuang Sapta Marga dalam setiap kegiatannya, melaksanakan pekerjaan di bidang dukungan kesehatan, di bidang pelayanan kesehatan, dan di bidang penunjang kesehatan secara terbatas sesuai dengan aturan yang berlaku dengan baik dan benar, serta mempertahankan kesamaptaan jasmani sesuai standar Binjas TNI/TNI Angkatan Laut.

Berbagai materi Lattek Pelayanan Kesehatan diberikan berkaitan dengan pengenalan struktur organisasi Satkes, pelayanan keperawatan, tindakan kedaruratan medik, administrasi medik serta Logistik Satkes. Selesai mengikuti Lattek ini diharapkan siswa mampu melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan implementasi pelayanan kesehatan dengan baik dan benar, sehingga diharapkan bisa menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang unggul, profesional dan modern sesuai bidang tugasnya.

Dengan melihat situasi kondisi saat ini khususnya dimasa Pandemi Covid-19 ini proses pembelajaran yang dilaksanakan di Kodiklatal harus tetap terlaksana dengan baik agar bekal pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa bisa optimal, oleh sebab itu protokol kesehatan untuk mencegah tertularnya Covid-19 harus ditaati dengan disiplin yaitu memakai masker selama kegiatan lattek berlangsung dan juga pada setiap kegiatan apapun yang dilaksanakan oleh siswa, mencuci tangan sesering mungkin baik sebelum Lattek maupun sesudah Lattek, menjaga jarak selama kegiatan latihan, menghidari kerumunan seoptimal mungkin dan membatasi mobilitas untuk menghindari terpapar Virus Covid-19. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close