Peristiwa

Atasi Kekurangan Stok Darah, Kodiklat TNI AL Gelar Donor Darah

Teks toto : Kodiklat TNI AL Gelar Donor Darah

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka mengatasi ketersediaan dan kekurangan stok darah di PMI – PMI, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah di Gedung Mulyadi, Kodiklatal, Rabu (21/12).

Kegiatan donor darah ini dalam rangka memperingati Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun ke-59 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal). Pelaksanaan donor darah di Mako ditinjau langsung Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, para pejabat utama Kodiklatal dan Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut (Kadispsial) Laksamana Pertama TNI Wiwin Dwi Handayani selaku Pater Kowal wilayah Timur.

Pelaksanaan donor darah ini, Kodiklatal bekerja sama dengan Kantor PMI Cabang Bangkalan dan PMI Cabang Gresik menargetkan 4.000 kantorng darah. Menurut Ketua Tim PMI Bangkalan Drs.Moch Saad As’adi, M.M dan Ketua Tim PMI Gresik Aang Putra Tunggal menyampaikan bahwa kondisi stok darah di PMI Bangkalan dan PMI Gresik mengalami kekurangan dikarenakan pada akhir tahun kebutuhan tranfusi darah meningkat.

Kegiatan donor darah diikuti prajurit antap dan Siswa, Kowal, PNS dan Jalasenastri dari Mako Kodiklatal dan Kodik, Puslat dan Pusdik jajaran Kodiklatal. Selain dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kodiklatal, donor darah juga digelar di gedung Agung Puslatdiksarmil di Juanda Sidoarjo.

Pelaksanaan donor darah yang diselenggarakan di dua lokasi berbeda dengan pesertanya mencapai ribuan ini dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan. Pelaksanaannya donor peserta dibagi dalam beberapa gelombang sehingga tidak terjadi penumpukan dan kegiatan dapat berjalan dengan tertib.

Kegiatan ini merupakan kegiatan donor terakhir Kodiklatal di tahun 2021. Selama tahun 2021, Kodiklatal telah melaksanakan kegiatan donor darah sebanyak lima kali, yaitu saat memperingati Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal), Hari Kemerdekaan RI, HUT Jalasenastri, HUT TNI AL dan HUT TNI.

Dalam rangka HUT Kowal ke-59 tahun 2022, juga telah dilaksanakan kegiatan anjangsana ke purnawirawan Kowal, ceramah motivasi via aplikasi Zoom oleh motivator Rafael Antonius dengan tema “Jati Diri Kowal Sebagai Prajurit TNI”, ziarah ke TMP Mayjend Sungkono dan puncak Peringatan HUT Kowal, rencannya akan dilaksanakan secara virtual dari Mabesal dipimpin Kasal diikuti seluruh Kowal Kotama TNI AL pada tanggal 5 Januari 2022 mendatang. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close