Peristiwa

Sepekan Kedepan, Taruna AAL Tingkat IV Jalani Latihan Praktek Kepemimpinan II

Teks foto : Taruna AAL Tingkat IV Jalani Latihan Praktek Kepemimpinan II

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Selama sepekan kedepan, sebanyak 106 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lV Angkatan ke-67 akan menjalani Latihan Praktek Kepemimpinan ll yang dibuka Kepala Departemen Kepemimpinan (Kadeppim) AAL, Kolonel Marinir Rajiman, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., mewakili Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han), di Indoor Sport Jala Krida Raga, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Senin (29/11).

Dari jumlah 106 taruna Tingkat lV yang mengikuti Latihan Praktek Kepemimpinan II kali ini, terdiri dari 38 Taruna Korps Pelaut, 14 Taruna Korps Teknik, 14 Taruna Korps Elektronika, 15 Taruna Korps Suplai dan 25 Taruna Korps Marinir.

Menurut Kadeppim AAL, Lattek Kepemimpinan II diagendakan berlangsung selama sepekan dari 29 November hingga 3 Desember 2021 dengan lokasi pelaksanaan di dalam lingkungan kesatrian Bumimoro dan di Desa Gisik Cemandi Sidoarjo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Tujuan dari pelaksanaan Lattek Kepemimpinan ini lanjut Kadeppim, adalah untuk membekali pengetahuan dan keterampilan kepada Taruna tingkat akhir melalui pengambilan keputusan, pembangunan tim dan pengembangan kerjasama antar kelompok.

Lattek ini tambahnya juga untuk menumbuhkan dan membangun kepercayaan diri, motivasi diri, kejujuran dan keberanian dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan para Taruna AAL yang dipersiapkan menjadi pemimpin TNI/TNI AL kedepan yang handal dan profesional.

Dalam Lattek ini imbuhnya, sasaran yang ingin dicapai yaitu, tercapainya pengembangan sikap kepemimpinan khususnya aspek kemampuan mengendalikan diri, antusiasme yang tinggi, objektifitas menyatakan pendapat dan keteladanan dalam perilaku.

Kemudian para Taruna diharapkan mencapai sikap, percaya diri dan penghargaan terhadap orang lain, tercapainya keterampilan komunikasi dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, serta tercapainya keterampilan berpikir sistematis.

Hal ini lanjutnya, sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

“Untuk itu dalam sepekan kedepan ini, para taruna akan mendapatkan berbagai materi Lattek diantaranya Self Leadership (Tipologi dan Johari Window), Outdoor Exercise berupa Target & strategi, Traffic Jam, Building House, Billyard 5, Collect poin (cad) dan materi lainnya,” paparnya.

Usai pembukaan, dilanjutkan denhgan pembekalan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC-HNSI) Sidoarjo M. Alimin Taubah di Gedung Maspardi dengan tema “Menggali Pesisir Sidoarjo, Dibalik Potensi Tersimpan Masalah”, dilanjutkan dengan tanya jawab.

Tampak hadir saat pembekalan ini, Wagub AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M. Tr (Han)., CHRMP., Kadeppim AAL, Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (KH) Syukur, S.Pd., M.Pd., Perwira Operasi Latihan (Paopslat) Mayor Marinir Hendrik, serta pelatih lainnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close