Peristiwa

Menjaga Stabilitas Harga, Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Jatim Gelar Pangan Murah di Pasar Tradisional Balongpanggang

Teks foto : Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Jatim Gelar Pangan Murah di Pasar Tradisional Balongpanggang

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Upaya menjaga stabilitas harga sembako di daerah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur menggelar pangan murah.

Untuk tempat kegiatan, biasanya keliling di sejumlah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, kali ini diadakan di Kabupaten Gresik yaitu di pasar tradisional Balongpanggang. Demikian disampaikan Analis Ketahanan Pangan Dinas PKP Jatim Saiful Rachman pada Rabu (24/11/2021).

Menurut Saiful Rachman pada kegiatan pangan murah saat ini, kami hanya menyediakan kupon yang terbatas sebanyak 200 lembar. Di daerah lain juga sama, dengan di Kabupaten Gresik.

” Adapun persediaan komoditas yang dijual, kita bekerjasama dengan PUPM Kabupaten Gresik. Komoditasnya dari Gresik semua,” ujarnya.

Lebih lanjut Saiful Rahman mengungkapkan pangan murah kita adakan di Kabupaten / Kota yang didapati kenaikan harga sembako dipasaran. Sehingga hasil dari operasi ini nanti menjadi bahan evaluasi di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Sementara ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Eko Anindito Putro mengatakan acara gelaran pangan murah merupakan kegiatan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jatim.

” Kita hanya ketempatan kegiatan ini dan anggaran gelar pangan murah berasal dari propinsi Jatim. Di sini ditempatkan di pasar sayur Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang. Dan kebetulan warga Kecamatan Balongpanggang mendapat kuota sebanyak 200 lembar kupon,”ungkapnya.

Eko Anindito Putro berharap akses masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok lebih mudah. Memang kuota hanya sedikit disesuaikan anggaran dari Dinas terkait.

Ditambahkan Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori bahwa kupon sebanyak 200 lembar ini dibagikan langsung kepada warga di lokasi kegiatan. Setelah itu dipanggil satu persatu sesuai nomor urutnya untuk membeli bahan pangan harga murah.

” Satu orang satu paket sesuai kemampuan masing-masing beli komoditas tersebut. Ada pun komoditasnya minyak goreng, telur, bawang merah, bawang putih, gula dan beras yang dikemas sedemikian rupa,” tuturnya.

Sekcam Balongpanggang Afandi mengatakan,” Ada banyak pilihan diantaranya Beras 1.7Ton,
Telur 250 kg, Minyak Goreng 300 Liter, Bawang Putih 150kg, Bawang Merah 200 kg dan Gula Pasar 250kg,”

Gula dipatok harga Rp. 10.000/kg, Minyak Goreng Rp. 15.000/kg, Telor Rp. 20.000/kg, Bawang Putih Rp. 20.000/kg, Bawang Merah Rp. 10.000/kg dan Beras Rp. 44.000/5kg.

Masih Afandi, Kegiatan ini adalah awal yang baik sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan layak dan mudah. Tambahnya.

Kepala Desa Balongpanggang Agus Saputro mengatakan,” Alhamdulillah, dengan adanya pasar murah ini bisa di nikmati oleh warga sekitar, khusus bagi warga yang kurang mampu. Katanya singkat.

Salah satu warga Diana (43) yang mendapat kupon mengatakan dirinya mendapat informasi operasi pangan murah di pasar sayur Balongpanggang dari pesan WhatsApp grup.

” Saya baru datang, alhamdulillah mendapat kupon untuk membeli kebutuhan sembako di pasar murah. Kedepan agar nantinya digelar seperti ini lagi, lebih-lebih kuotanya ditambah,” Katanya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close