Peristiwa

Dankodiklat TNI AL Pimpin Kaji Ulang dan Penutupan Latopsduk II TA 2021

Teks foto : Dankodiklat TNI AL Pimpin Kaji Ulang dan Penutupan Latopsduk II TA 2021

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Direktur Latihan (Dirlat) Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) II TNI AL TA 2021 memimpin pelaksanaan kaji ulang dan Penutupan Latopsduk II TNI AL TA 2021 melalui Vidio Conference (Vicon) dari Ruang Auditorium Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Rabu, (17/11/2021).

Adapun dalam Latopsduk II TNI AL TA 2021 ini penyelenggara memainkan empat Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) antara lain Satgasduk Kesehatan berada di RSPAL dr. Ramelan Surabaya, Satgasduk Komlek di Koarmada II, Satgasduk Hukum dan Satgasduk Teritorial di Lantamal V Surabaya.

Hadir dalam kaji ulang dan penutupan tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Wakil Direktur Latihan (Wadirlat) Latopsduk II TNI AL TA 2021 yang dijabat Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal Dirlat Brigjen TNI (Mar) Widodo, para Komandan Satgasduk (Dansatgasduk), Kepala Wasdal, Kepala tim Evaluasi dan Kepala tim penilai.

Pelaksanaan kaji ulang diawali dengan tanggapan dari masing Dansatgasduk mengenai pelaksanaan latihan berikut kendala-kendala yang dihadapi serta masukan sebagai evaluasi agar pelaksanan Latopsduk II ke depan semakin baik. Selesai penyampaian tanggapan dari Dansatgasduk kegiatan dilanjutkan penyampaian evaluasi selama pelaksanaan latihan dari Katim Evaluasi, penyampaian Katim Wasdal dan penyampaian dari Katim Penilai, serta diakhiri dengan penutupan Latihan oleh Dankodiklatal.

Dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal menyampikan bahwa Latihan Operasi Dukungan ini merupakan latihan TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak dalam merencanakan serta mempersiapkan personel beserta alat peralatannya dalam rangka mendukung operasi gabungan TNI.

Pelaksanaan Latihan Operasi Dukungan TA 2021 yang telah dilaksanakan yaitu dengan menggunakan metode E-Geladi Posko secara vicon dimulai tanggal 1 sampai dengan 5 November 2021 dan dilanjutkan manuver lapangan khusus untuk Satgasduk Kesehatan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 8 sampai dengan 11 November 2021, Satgasduk Hukum dan Komlek selama 2 (dua) hari, dari tanggal 8 sampai dengan 9 November 2021, telah berjalan dengan lancar tidak ada kendala sesuatu apapun.

Disebutkan bahwa Latihan ini merupakan sebagai momentum pijakan awal untuk mengasah kemampuan prajurit TNI Angkatan Laut dalam merencanakan kegiatan operasi yang dipersiapkan dan yang tidak dipersiapkan baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OSMP), sehingga prajurit TNI Angkatan Laut siap digerakkan dalam menghadapi kemungkinan timbulnya ancaman baik dari dalam maupun dari luar negara lain pada waktu yang tidak dapat dipastikan.

“Kita tahu bahwa masih ada kekurangan yang harus kita benahi untuk latihan-latihan berikutnya sehingga keberhasilan para pelaku dalam latihan ini, hendaknya dapat dijadikan motivasi untuk berlatih lebih giat lagi, karena pada hakikatnya latihan merupakan kebutuhan utama dari organisasi dalam menyelesaikan tugas.” Tutup Dankodiklatal. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close