Peristiwa

Dankodiklat TNI AL Bersama Prajurit dan PNS Peringati Hari Pahlawan Tahun 2021

Teks foto : Dankodiklat TNI AL Bersama Prajurit dan PNS Peringati Hari Pahlawan Tahun 2021

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat secara resmi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, upacara peringatan Hari Pahlawan yang diikuti prajurit Antap, prajurit Siswa dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kodiklatal ini dipusatkan di lapangan Laut Maluku Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (10/11/2021).

Hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan para Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal.

Menteri sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini dalam amanat yang dibacakan Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan negara ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan, berkali kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 Tahun, namun selalu mengalami kegagalan, karena politik Devide Et Impera atau politik adu domba.

Kita sadar bahwa kita berbeda beda tetapi jangan sampai terpecah pecah oleh perbedaan Suku, Agama, Ras dan antar golongan, karena akan membuat mudur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928. Kita harus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia.

Perbedaan ini justru akan semakin memperkaya dan memperkuat kita bangsa Indonesia seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar slogan Bhineka Tunggal Ika, walau berbeda-beda namun tetap satu jua.

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai hari Pahlawan ini harus kita contoh dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi sejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas. Hal ini sejalan dengan tema hari pahlawan 2021 yaitu “Pahlawanku Inspirasiku”. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close