Peristiwa

Tim PKY, Orang-Orang Hebat Dibalik Kelancaran Proses Belajar dan Berlatih Taruna AAL

Teks foto : Tim PKY

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Dibalik kesuksesan seseorang, selalu ada orang lain yang turut berjasa menopangnya. Entah itu orang tua, guru, office boy, pertukangan kayu, bahkan asisten rumah tangga. Siapapun yang turut andil memuluskan jalan menuju sukses, meskipun perannya tampak remeh, ia telah menorehkan jasa di sana.

“Peran personel Pertukangan Kayu (PKY), Detasemen Markas Akademi Angkatan Laut ( Denma AAL), yang kadang tak terlihat, kecil atau remeh, tapi ternya Tim ini adalah orang-orang hebat dibalik kelancaran proses belajar dan berlatih taruna AAL,” terang Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) saat meninjau fasilitas AAL, Kamis (21/10).

PKY Denma AAL lanjut Gubernur AAL, merupakan satuan di bawah Denma AAL yang personelnya memiliki keahlian dan keterampilan pertukangan dalam membuat atau memperbaiki struktur kayu dan pekerjaan pertukangan lainnya.

Personel PKY Denma AAL juga memiliki keterampilan mengolah material kayu untuk membuat elemen rumah (pintu, jendela, dll.) dan/atau membangun rumah, juga perlengkapan gedung, atau membuat kerangka awal jembatan dan jalan.

Menurut Alam –sapaan akrab Gubernur AAL, PKY Detasemen Markas AAL ini, menjadi salah satu andalan dalam posisi ini, selain menyiapkan yang baru, mereka juga bertugas melakukan perbaikan bila ada kusen, daun pintu, jendela, tempat tidur, meja belajar dan mebelair lainnya yang rusak.

“Peran personel PKY yang kadang tak terlihat ini, ternyata berdampak besar pada kelancaran proses perkuliahan dan kesuksesan para Taruna AAL dikemudian hari,” terangnya.

Menurutnya, menjadi orang sukses itu tidak selamanya bermakna anugrah. Kesuksesan bisa saja menjadi ujian yang mengancam seseorang, manakala ia memandang kesuksesan itu semata-mata usahanya sendiri, dan menihilkan peran orang di sekitarnya. Sebab, Rasulullah pernah bersabda, “Seseorang tidak dikatakan bersyukur kepada Allah jika dia tidak tahu berterima kasih kepada manusia.” (HR. Tirmidzi).

“Untuk itu, saat ini kita sedang menyiapkan messing dan semua kelengkapannya seperti meja, kursi belajar, tempat tidur, lemari pakaian, rak buku, rak senjata yang rusak dan lainnya, apabila masih bisa diperbaiki kita perbaiki, bila tidak kita meyiapkan yang baru untuk mendukung kebutuhan Taruna selama melaksanakan pendidikan di AAL,” terangnya.

Peran PKY Denma AAL kedepan tambahnya, juga akan semakin bertambah, seiring dengan akan masuknya 190 taruna Tingkat l Angkatan ke-70 pada Januari 2022 mendatang, sehingga harus lebih berbenah, mengingat jumlah penerimaan tahun ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya 100-130 Taruna. (Kabagpen AAL)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close