Peristiwa

Berikan Reward Untuk Bank Sampah, Bupati Komit akan Kurangi penggunaan Sampah Plastik

Teks foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani memberikan penghargaan kepada Siti Fitriah ketua asGRESIK, osiasi Bank Sampah

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Langkah nyata mengurangi sampah plastik akan dijalankan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Komitmen ini disampaikan saat memberikan penghargaan kepada Siti Fitriah ketua asosiasi Bank Sampah Gresik pada Senin kemarin.

Selain penghargaan, Siti Fitriah juga menerima hadiah laptop, printer dan seperangkat meja kursi Penghargaan juga diterima bank sampah Gemes Sekardadu kelurahan Ngargosari Kecamatan Kebomas. Bank sampah menerima hadiah mesin pencacah sampah karena sukses mengelola sampah dan meningkatkan ekonomi nasabahnya.

“Kita harus memulai untuk pengelolaan sampah dan mengurangi penggunaan sampah plastic. Kita awali pengurangan sampah di lingkungan kantor Pemkab Gresik ini, selanjutnya kekantor OPD dan kantor kantor yang lain kemudian pada kantor kecamatan bahkan kantor desa” kata Bupati usai memberikan penghargaan sebelum Rakor Forkopimda kemarin.

Terkait kebijakan Bupati mengurangi sampah plastic, Kepala bagian humas dan Protokol Reza pahlevi pada Selasa (24/8/2021) dikantornya mengatakan bahwa sesuai dara Kementerian Lingkungan Hidup ada 9,85 milyar lembar sampah kantong plastik dihasilkan setiap tahun dan mencemari lingkungan selama lebih dari 400 tahun.

“Hanya 5 persen sampah kantong plastik yang bisa didaur ulang, sisanya menguasai hampir 50 persen lahan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan butuh lebih dari 100 tahun untuk terurai” katanya.

Cara mengurangi sampah plastik dilingkungan kantor diantaranya membawa bekal makanan dari rumah, membawa tempat minum sendiri, makan dengan menyiapkan peralatan makan, membawa tas yang tidak sekali pakai (bukan kresek), Kurangi konsumsi kopi dan minuman kemasan tentunya mengelola sampah plastik dengan baik.

Seperti yang disampaikan Bupati untuk pengurangan sampah plastic di kantor Pemkab Gresik agar ASN membawa botol minum dan tempat makan yang bisa digunakan berulang kali demi menyukseskan upaya tersebut.

“Mulai dari sekarang dan seterusnya kita harus menghindari penggunaan sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan,” ucapnya. (sdm/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close