Peristiwa

Dongkrak Kesmas, Bupati Launching Tiga Program Dalam Sehari

Teks foto : Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani Launching Tiga Program Dalam Sehari

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani hari ini, Rabu (16/06/2021) di kelurahan Ngargosari, kecamatan Kebomas, Gresik kembali melaunching program pro masyarakat Gresik.

Tentunya program itu merupakan bagian dari Nawa Karsa yang diprakarsai oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bersama dengan Wakil Bupati, Aminatun Habibah.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Gus Yani, sapaan akrab Bupati Gresik, melaunching tiga program sekaligus. Gus Yani menyebut program ini adalah kolaborasi 3 Dinas dilingkup Pemkab Gresik.

“Pemerintah berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang seiring dengan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Gresik,” katanya saat memberikan sambutan.

Untuk itu, Gus Yani menunjuk Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk membangun rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) di desa Kambingan, Kecamatan Cerme.

Gus Yani menjelaskan, dibangunnya rusunawa ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah agar mempunyai tempat tinggal dengan biaya sewa yang murah.

“Kita bantu masyarakat yang penghasilannya masih rendah untuk tetap mempunyai tempat tinggal tentu dengan biaya sewa yang murah,” kata Gus Yani.

Gus Yani juga melaunching program ‘Gresik Kerja’ dan menunjuk Dinas Tenaga Kerja sebagai pelaksana. Tujuannya adalah pemerintah sebagai fasilitator memberikan kemudahan pelayanan dibidang ketenagakerjaan bagi masyarakat Gresik. Nantinya masyarakat dapat mengetahui segala informasi terkait dengan pelatihan kerja, lowongan pekerjaan hingga mempermudah perusahaan memdapatkan data tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Selain itu pencari kerja juga dapat mengurus Kartu Kuning secara online. Inovasi tersebut dirangkum melalui aplikasi Gresikkerja yang diintegrasikan melalui aplikasi Gresikpedia.

“Ini merupakan inovasi untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Gresik yang terbilang masih tinggi. Diharapkan agar masyarakat semakin mudah dalam mencari pekerjaan,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk turut serta peduli terhadap kesehatan masyarakat yang dimulai dari kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah dengan membangun TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) di Belahan Rejo, kecamatan Kedamean yang menerapkan local base (menyesuaikam dengan karakter sampah wilayah setempat), dalam hal ini Gus Yani menunjuk Dinas Lingkungan Hidup sebagai pelaksana.

Gus Yani membeberkan, bahwa saat ini persoalan sampah menjadi persoalan serius yang perlu mendapat perhatian khusus pemerintah.

Pemerintah mulai membangun TPST di Belahan Rejo, karena mengingat TPST di Ngipik sudah overload. “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa mulai running,” pungkasnya.

Dirinya berharap, tiga program yang dilaunching secara bersamaan itu mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Serta memberi keyakinan kepada masyarakat bahwa Pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Gresik. (iis/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close