Sosial

Sambut Ramadhan, Camat Dan Kades Kedungsumbar Gotong – Royong Bersihkan Masjid Nurus Salam

Teks foto : Camat Dan Kades Kedungsumbar Gotong – Royong Bersihkan Masjid Nurus Salam

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan mendatang, Camat Balongpanggang Jusuf Ansyori bersama Kepala Desa Kedungsumbar Wahono Yudo, dan Perangkat Desa Kedungsumber melaksanakan gotong royong membersihkan masjid, untuk kenyamanan ketika beribadah. Selasa (6/4/2021) Pukul 9.30 Wib.

Adapun Masjid yang dipilih Masjid Nurus Salam yang terletak di Desa Kedungsumbar Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Sengaja kami pilih Masjid yang letaknya di pinggir jalan. Sebab nantinya bisa jadi jujukan orang untuk menjalankan sholat. Kata Wahono Yudo.

Tujuan dari kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur karena sebentar lagi akan dipertemukan dengan bulan suci ramadhan 1442 H. Dengan semangat kegotong royongan, tersebut menumbuhkan kesadaran warga maka tidak heran dari berbagai elemen turut berpartisipasi. Ungkapnya

Menurut mereka, masjid yang bersih akan menjadikan ibadah semakin khusyu. Terlebih, di bulan ramadhan nanti kegiatan keagamaan akan dilaksanakan secara rutin di masjid tersebut. Mulai dari sholat berjamaah, sholat tarawih, tadarus, kuliah subuh, dan kegiatan kerohanian lain. Ujarnya.

Masih Wahono Yudo,” Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun, pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan, karena dengan suasana Masjid bersih dan rapi, agar pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk,” Terangnya.

Selain membersihkan masjid, kata dia, gotong royong tersebut juga untuk mempererat tali silaturahim antar warga, supaya pelaksanaan ibadah puasa berjalan dengan tenang, nyaman dan penuh kedamaian. Tambahnya.

Sementara itu ditempat yang sama Jusuf Ansyori menuturkan,” Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim, sesama warga yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing, seperti bekerja di kantor dan lainnya,” ujarnya.

Ia mengemukakan, tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi Masjid pada saat itu.

Dalam menjalankan sholat nantinya masyarakat agar tetap menerapkan protokoler kesehatan. Mari kita semua dukung program pemerintah dalam mengatasi pandemi ini. Untuk itu selalu patuhi protokol kesehatan dengan 5 M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi. Katanya.

Dalam bersih-bersih masjid tersebut, kami ada yang menyapu mengepel dan semprotkan disinfektan. Maklum saja karena masa pandemi. Tambahnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close