Ragam

Kadisdikal Pimpin Sidang Pantukhir Casis Diktukpa TNI AL Angkatan Ke-51 TA 2021

Teks foto : Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Dr. Diki Atriana, M.Sc., CHRMP saat memimpin sidang

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Dr. Diki Atriana, M.Sc., CHRMP memimpin sidang Penentuan Akhir (Pantukhir) Calon Siswa (Casis) Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL  Angkatan ke-51 tahun 2021 yang dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan Angkatan Laut (Kodiklatal) Bumimoro Surabaya, Kamis, (4/3/2021).

Sidang Pantukhir yang diikuti 527 Prajurit strata bintara dari berbagai Kotama TNI AL tersebut juga dihadiri Direktur Pendidikan (Dirdik) Kodiklatal Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si, Wadan Puspomal Laksma TNI Zulkifli Mahmud serta para Pembina Korps.

Sebelum melaksanakan sidang pantukhir para Casis telah menjalani berbagai tahap tes mulai dari tes Kesehatan fisik, Kesehatan jiwa (Keswa), Kesegaran Jasmani (Garjas), Psikologi, Mental Idiologi, akademik dan profesi.

Untuk tes kesehatan lengkap, di Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal, tes Psikologi di Kantor Lembaga Psikologi Angkatan Laut  (Lapsial) Juanda, Sidoarjo, kemudian Mental Ideologi dan akademik di gedung Moeljadi Bumimoro, sedangkan Garjas digelar di Lapangan Dewa Ruci, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal.

Setelah melaksanakan sidang Panthukir  selanjutnya para Casis akan memulai pendidikan di Puslatdiksarmil Kodiklatal. Adapun pembukaan pendidikan rencananya akan dipimpin langsung Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat. Mereka akan mengikuti Pendidikan Dasar Golongan selama tiga bulan di Puslatdiksarmil dan selanjutnya mengikuti Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan di Pusdik-Pusdik sesuai dengan korpsnya masing-masing.

Saat membuka Sidang Komisi Pantukhir, Kadisdikal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dankodiklatal atas penyiapan sarana dan prasarana Kodiklatal yang digunakan untuk pelaksanaan seleksi Casis Diktukpa angkatan ke-51 tahun 2021. Seleksi yang dilaksanakan, lanjutnya, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan casis untuk menjadi seorang perwira.

Namun demikian, bukan saja hasil tes yang dapat menentukan kelulusan Casis untuk mengikuti Diktukpa, tetapi ada persyaratan lain yang sangat menentukan kelulusan, yaitu : kinerja yang bersangkutan selama melaksanakan tugas di satuannya, memiliki loyalitas dan komitmen yang baik serta berdasarkan kebutuhan organisasi TNI AL. (Penkodiklatal/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close