Pendidikan

Raih Skill To Protect The Cargo, Taruna AAL Lattek Ilmu Muat dan Stabilitas Kapal

Teks foto : Taruna-Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke-67 Korps Pelaut melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Ilmu Muat dan Stabilitas Kapal.

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Untuk membekali diri dan melatih keterampilan tentang teknik pemuatan dan gaya-gaya yang bekerja pada peralatan bongkar muat dan pengaruh stabilitas terhadap kapal, sebanyak 38 Taruna-Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke-67 Korps Pelaut melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Ilmu Muat dan Stabilitas Kapal.

Demikian disampaikan Kepala Depatemen Pelaut (Kadeppel) AAL, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman saat mendampingi para Taruna ditengah-tengah pelaksanaan Lattek di Departemen Pelaut AAL, Senin (15/2/2021).

Maman- sapaan akrab Kadeppel AAL ini- mengatakan bahwa latihan paktek ini dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 15 hingga 19 Februari 2021 bertempat di gedung Andromeda Departemen Pelaut AAL dan di KAL Kadet-07.

“Selama latihan praktek, para Taruna dibimbing langsung dosen dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS),” terangnya.

Diantara dosen yang mengajar antara lain I Putu Arta Wibawa, S.T., M.T., Ph.D., Dr. Eng. I Putu Sindu Asmara, S.T., M.T. dan Sumardiono S., TM.T.

Kadeppel berharap usai melaksanakan latihan praktek ini, para Taruna mampu memahami dan terampil dalam pengoperasian peralatan bongkar muat dan alat penunjang di kapal, memahami tonage dan simpson rule.

Selain itu tahu dan mengerti tentang azas-azas pemadatan muatan serta memahami bagaimana melindungi kapal dan muatan (to protect the cargo), sehingga semua kemampuan tersebut dapat diaplikasikan dalam kedinasan nantinya saat menjabat sebagai Perwira Divisi Muat atau Bahari di kapal perang. (Kabagpen AAL/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close