Peristiwa

Peringati HPSN Istri Bupati Gresik Terpilih, Nurul Akhmad Yani Ikut Memunguti Sampah Plastik

Teks foto : Nurul Akhmad Yani terjun langsung turut serta memunguti sampah plastik bersama komunitas Asosiasi Bank Sampah Gresik (Asbag).

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari 2021. Istri Bupati Gresik terpilih, Nurul Akhmad Yani terjun langsung turut serta memunguti sampah plastik bersama komunitas Asosiasi Bank Sampah Gresik (Asbag).

Ning Nurul sapaan akrabnya, tidak canggung berbaur dengan kelompok perempuan yang tergabung di Asbag. Sambil memilah-milah sampah botol plastik di sejumlah cafe yang berdiri di Desa Ngargosari, Kecamatan Kebomas, Gresik. Istri Bupati Gresik terpilih itu, juga turut serta mengangkat sampah plastik yang nantinya dikumpulkan di bank sampah.

“Saya mengapresiasi aksi nyata rekan-rekan aktivis penggiat lingkungan, seperti komunitas Asbag yang tidak kenal lelah meski ditengah pandemi Covid-19,” ujarnya, Sabtu (20/02/2021).

Aksi lingkungan ini lanjut Nurul Akhmad Yani, dirinya berharap mendapat support dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar sama-sama berperan aktif jemput bola memwadahi komunitas Asbag.

Terkait dengan ini, DLH Gresik juga akan melakukan kegiatan Pekan Sedekah Sampah (Pedas) dalam memperingati HPSN besok. DLH setempat menghimpun sedekah dalam bentuk pengumpulah barang bekas tidak terpakai, atau sampah yang masih ada nilai ekonomisnya.

“Hasil dari sampah itu kami laporkan ke Baznas Kabupaten.Gresik. Selanjutnya, juga disalurkan ke rekan-rekan pasukan kuning, pasukan taman, pasukan TPA dan anak yatim piatu,” kata Kepala DLH Gresik Najikh.

Sementara itu, Ketua Asbag Gresik Siti Fitria menyatakan peringatan HPSN merupakan program kerja tahunan. Tahun ini merupakan tahun keempat.

“Saat ini ada ratusan bank sampah yang tersebar di Gresik. Kami juga mengedukasi kepada masyarakat maupun pemilik cafe serta warkop agar memilah sampah yang bisa dijadikan bahan baku ekonomi ditengah pandemi Covid-19,” tandasnya.

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close