Ragam

Kasal Inspeksi Fasilitas Pendidikan Kodiklatal dan STTAL

Teks foto : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.A.P bersama dengan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat laksanakan inspeksi fasilitas pendidika

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.A.P bersama dengan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat Gowes bersama sambil melaksanakan inspeksi fasilitas pendidikan yang berada di Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (8/1/2021).

Selain Kasal, turut dalam acara tersebut para pejabat Utama Mabesal diantaranya Irjenal, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Asintel Kasal dan para Kepala Dinas serta para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya antara lain Pangkoarmada II, Gubernur AAL, Komandan Puspenerbal dan Komandan STTAL. Selain itu hadir pula Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono dan istri para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya.

Sebelum Acara dimulai diawali dengan pemeriksaan Rapit test tamu undangan, foto bersama, senam pemanasan dilanjutkan Gowes sambil inspeksi fasilitas pendidikan Bumimoro yang dilepas Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono. Gowes bareng ini finis di Lapangan Laut Maluku dilanjutkan ramah tamah di teras gedung Moeljadi diawali dengan sambutan Dankodiklatal dan diteruskan sambutan Kasal.

Adapun route yang dilalui dan fasilitas pendidikan yang diinspeksi, Start Gedung Ki Hadjar Dewantara, Gedung Srikandi yang merupakan kegiatan PG Jalasenastri, Mako dan kelas Pusdiklek, kampus STTAL, Mako Pusdikpomal, Mako Pusdikkes, Mes Kurinci yang merupakan tempat Siswa Dikmata, Dapur Kodiklatal, Mes Klabat untuk siswa Diktukpa dan finis Gedung Moeljadi Bumimoro. Selama inspeksi fasilitas pendidikan Kasal dan tamu undangan menerima demo ketrampilan dari para Siswa Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kasal dan pejabat Utama Mabesal. Kunjungan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan kami, karena Bapak Kasal berkenan melaksanakan inspeksi di beberapa fasilitas pendidikan yang dimiliki Kodiklatal dan STTAL. Kedua lembaga pendidikan ini terus berkomitmen untuk mendidik dan melatih prajurit matra laut yang unggul, maju dan profesional sesuai yang dicanangkan dan diprogramkan oleh bapak Kasal.

Menurutnya, beberapa fasilitas pendidikan yang ada di Kodiklatal masih belum sempurna, namun Dankodiklatal terus berkomitmen untuk meningkatkan kuliatas fasilitas pendidikan yang dimiliki Kodiklatal baik gedung, sarana kelas maupun Alat Instruksi (Alins) dan Alat Penolong Instruksi (Alonging) yang dibutuhkan siswa.

Selain itu Kodiklatal terus berupaya dalam meningkatkan kualitas Tenaga Pendidik (Gadik) dengan memaksimalkan kinerja yang dimiliki. Menurutnya, tenaga pendidik yang dimiliki Kodiklatal memiliki pengalaman, pengetahuan dan kualitas pendidikan tertentu yang perlu dikembangkan. Oleh sebab itu untuk memaksimalkan kemampuan yang dimilki para Gadik ini perlu memegang satu sampai dua bidang studi sehingga dapat mengaplikasikan ilmu yang dimilki secara maksimal.

Sementara itu Kasal Laksmana TNI Yudo Margono S.E., M.M dalam sambutanya menyampaikan bahwa terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendidikan di Kodiklatal dan STTAL. Menurutnya untuk membentuk prajurit yang unggul tangguh dan modern salah satunya dengan keberadaan fasilitas yang memadai.

“Mulai tahun 2021, mari kita berkomitmen untuk membentuk SDM prajurit TNI AL yang unggul, tangguh dan modern tidak hanya retorika saja, akan tetapi harus dibuktikan dengan karya nyata. Salah satunya, dengan pembenahan fasilitas pendidikan di TNI Angkatan Laut,” jelas Laksamana TNI Yudho Margono.

Disisi lain, disampaikan untuk meningkatkan profesionalisme dalam mengawaki alutsista, Kasal menyampaikan kedepan dalam pengadaan alutsista TNI AL akan dibuatkan Alins berupa pesawat baik radar dan mesin untuk ditempatkan di Kodiklatal sebagai pembelajaran Siswa Kodiklatal.

“Dengan peralatan yang sama antara lembaga pendidikan dan KRI maka sumber daya manusia TNI Angkatan Laut yang profesionalisme, unggul, tangguh dan modern akan tercapai, selain itu Kotama Operasi dan Pangkalan TNI AL menerima output yang siap pakai,” Jelas Kasal. (Penkodiklatal/adit)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close