Peristiwa

Jelang Peringatan Hari Dharma Samudera, Wagub AAL Ziarah Makam Pahlawan

Teks foto : Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., ketika tabur bungah di makam Pahlawan

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – H-1 menjelang peringatan Hari Dharma Samudera yang sedianya diperingati setiap tanggal 15 Januari tiap tahunnya, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E,. M.Tr (Han) melaksanakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Surabaya, Kamis (14/1).

Ziarah nasional yang dipimpin inspektur upacara Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Dafit Santoso ini, diikuti Wadan Kodiklatal, Danlantamal V Surabaya, Danpasmar 2, Wadan Puspenerbal, Kadispsial, para Pejabat Utama Koarmada ll dan pejabat perwakilan lainnya.

Hadir juga Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Firsa Dafit Santoso, Wakil Ketua CBS Jalasenastri AAL, Ny. Nana Endi Supardi dan para pengurus Bakor Jalasenastri Wilayah Surabaya lainnya.

Pasukan peserta upacara kali ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan, jumlah peserta yang terlibat pun dibatasi dengan memperhatikan jarak antar peserta, bermasker dan tetap disiapkan sarana cuci tangan dan handsanitizer untuk para peserta ziarah.

Kegiatan berlangsung dengan khidmat yang diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan peletakkan karangan bunga secara simbolis di tugu makam pahlawan oleh Irup serta diakhiri dengan penaburan bunga di makam pahlawan yang diikuti oleh seluruh peserta ziarah lainnya.

Menurut Wagub AAL usai mengikuti upacara mengatakan bahwa Ziarah Rombongan yang dilaksanakan pada momentum peringatan Hari Dharma Samudera ini, diharapkan semakin memperkokoh rasa cinta terhadap tanah air, semakin meningkatkan kebersamaan sebagai bangsa terutama dalam menghadapi pandemik serta sebagai wujud penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut, membela serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah.

“Ziarah makam ini pun, dapat menjadi pengingat bahwa suatu waktu kita akan terbaring seperti ini, sehingga terpacu untuk terus memperbaiki diri dengan mendekatkan diri kepada Allah dan beramal sholeh,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut Wagub AAL, generasi muda bangsa diharapkan dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperoleh para pejuang dengan menyiapkan diri sebaik mungkin untuk mewujudkan masa depan bangsa yang sejahtera, adil dan makmur. (Kabagpen AAL/adit))

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker