Pendidikan

Gubernur AAL Terima dan Buka Masa Orientasi Taruna AAL Tingkat l Angkatan ke-69

Teks foto : Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M. Tr (Han) menerima dan membuka masa Orientasi bagi 130 Taruna-Taruni AAL Tingkat I Angkatan ke-69

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M. Tr (Han) menerima dan membuka masa Orientasi bagi 130 Taruna-Taruni AAL Tingkat I Angkatan ke-69 yang baru menyelesaikan Pendidikan Dasar Keprajuritan dan Integratif di Dermaga Halong, Kesatrian AAL, Bumimoro Surabaya, Sabtu, (30/1).

Gubernur AAL mengucapkan selamat datang di kesatrian AAL, Bumimoro Surabaya, sekaligus ucapan selamat atas keberhasilan para Taruna/Taruni AAL angkatan ke-69 dalam menyelesaikan tahap pendidikan dasar keprajuritan dan pendidikan integratif di Akademi TNI Magelang selama 6 bulan.

Menurut Gubernur AAL, tujuan dari upacara ini adalah untuk menerima dan menyambut Taruna/Taruni AAL angkatan ke-69 sebagai bagian dari keluarga besar AAL, setelah selesai melaksanakan pendidikan dasar keprajuritan dan pendidikan integratif, selanjutnya akan melaksanakan pendidikan dasar kejuruan/korps untuk mendalami ilmu pengetahuan, latihan dan keterampilan profesi matra laut selama 3,5 tahun di AAL.

AAL lanjut Gubernur, memiliki tugas pokok mendidik dan membentuk generasi muda terpilih bangsa Indonesia untuk menjadi calon-calon pemimpin TNI AL/TNI masa depan yang profesional di bidangnya, bermoral, berwawasan luas, memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme tinggi serta siap menjadi pemimpin-pemimpin pembaharu TNI AL/TNI di masa mendatang.

“Disini kalian akan di didik, dibekali dan ditempa melalui rangkaian kegiatan pengajaran, pelatihan dan pengasuhan agar memiliki bekal ilmu pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dasar korps yang tinggi, memiliki tingkat kesamaptaan jasmani dan kondisi fisik yang tangguh serta memiliki moral kepribadian yang mencerminkan watak dan karakter bangsa Indonesia sejati, sehingga kelak dikemudian hari akan menjadi PerwiraTNI AL yang beriman, disiplin, loyal, berdedikasi tinggi dan profesional dalam menjalankan profesi, tugas dan tanggung jawab yang diembannya,” tegasnya.

Atas dasar tersebut terangnya, maka Taruna/Taruni AAL perlu dibekali dengan kegiatan orientasi sebagai bekal awal dalam menjalani pendidikan di AAL. Hal ini sangat penting untuk mengetahui dan memahami medan tugas yang akan dihadapi sekaligus untuk mempersiapkan mental psikologis Taruna/Taruni junior dalam beradaptasi di lingkungan kesatrian AAL.

Gubernur meminta, agar semua kegiatan yang dilaksanakan selama masa orientasi harus menjadi wahana edukasi, bimbingan dan keteladanan kepada Taruna junior. Sehingga, masa orientasi dapat membangkitkan semangat dan motivasi Taruna/Taruni AAL tingkat I angkatan ke-69 sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan yang ingin dicapai.

Disisi lain Gubernur juga menekankan berkait situasi dan kondisi pandemi covid-19 yang belum mereda, perlu adanya kepedulian dan kepekaan yang tinggi bagi seluruh jajaran AAL termasuk Taruna/Taruni yang ada didalamnya untuk selalu senantiasa menjaga kesehatan diri masing-masing dan melaksanakan protokol kesehatan (jaga jarak, mencuci tangan, pakai masker serta olah raga yang cukup) sehingga dapat memutus rantai penyebaran dan penularan virus corona.

Tampak hadir Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Seklem AAL Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M. Tr (Han), para Pejabat Utama AAL, Ketua CBS Jalasenastri AAL yang juga Ibu Asuh Taruna AAL, Ny. Nita Tunggul Suropati beserta jajaran Pengurus CBS AAL lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga hadir mantan Wakasal Periode 2018 yang juga Mantan Gubernur AAL periode 2014, Laksdya TNI (Purn) Achmad Taufiqoerrochman M., S.E. beserta istri. (Kabagpen AAL/adit)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close