Peristiwa

Dankodiklatal Hadiri Pelaksanaan Penandatanganan Kontrak Bersama pengadaan Barang dan Jasa TNI AL 2021

Teks foto : Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menghadiri pelaksanaan penandatanganan kontrak bersama pengadaan barang dan jasa TNI AL Tahun 2021 secara Vidio Conference

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat menghadiri pelaksanaan penandatanganan kontrak bersama pengadaan barang dan jasa TNI AL Tahun 2021 secara Vidio Conference. Adapun penandatanganan kontrak bersama pengadaan barang dan jasa TNI AL Tahun 2021 tersebut dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Rabu, (20/1/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Kodikatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han), Dirum Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Inspektur Kodiklatal Kolonel Laut (S) Bambang Supriyanto, Dankodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, Komandan Kodikmar Kolonel Marinir Sarjito serta Wadan Kodikdukum Kolonel Laut (S) Muhamad Nuryanto, S.E., M.M. Selain itu, hadir juga beberapa mitra kerja Kodiklatal, diantaranya : PT Wahyu Agung, PT Darma Baki Agung dan PT Tiyana Jaya.

Dalam pelaksanaan penandatanganan kontrak bersama pengadaan barang dan jasa TNI AL Tahun 2021 Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M berada di Auditorium Mabesal sedangkan Dankodiklatal dan pejabat Kodiklatal berada di Ruang Rapat Direktorat Pendidikan dan Latihan (Ditdiklat) Kodiklatal Bumimoro Surabaya.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan bahwa kondisi Pandemi Covid-19 tidak menghalangi pemerintah dalam menyiapkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Seperti telah kita ketahui bersama, Bahwa Presiden telah menyerahkan secara virtual daftar isian pelaksanaan anggaran dalam daftar alokasi transfer ke daerah serta dana desa tahun anggaran 2021 pada tanggal 25 November 2020 lalu di Istana Negara Jakarta.

Dipa tersebut merupakan operasional dari APBN 2021 yang telah disetujui oleh DPR. Untuk tetap menjaga integritas untuk pertumbuhan ekonomi untuk memastikan disparitas belanja dalam APBN 2021 benar-benar memiliki korelasi untuk pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia Maju .

Oleh karenanya, kementrian dan lembaga pemerintah daerah dapat bergerak cepat dan melakukan perubahan pola pikir dengan meninggalkan pola-pola lama dalam penggunaan APBN 2021. Dengan memastikan terjadinya peningkatan kualitas belanja yang memiliki korelasi terhadap pencapaian program prioritas dan penjadwalan pemanfaatannya yang tidak ditunda-tunda, dengan melalukan penyiapan percepatan bisnis prosesnya, terutama pada belanja modal yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat .

Pada hakekatnya, penandatangan kontrak secara kolektif ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Presiden RI dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun anggaran 2021.

Di lingkungan TNI AL sendiri, kebijakan tersebut sangat terkait dengan proses pengadaan barang dan jasa sebagai realisasi dari Dipa yang telah diterbitkan oleh Pemerintah dengan dilaksanakannya penandatanganan kontrak diawal tahun sehingga diharapkan dapat mempercepat daya serap TNI AL tahun 2021 dan membantu untuk menggerakkan roda ekonomi. “Kegiatan ini merupakan wujud nyata TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah,” tegas Kasal.

Acara penandatanganan kontrak bersama pengadaan barang dan jasa TNI AL Tahun 2021 ini selain diikuti Kodiklatal juga diikuti seluruh Kotama TNI AL. (Penkodiklatal/adit)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close