Politik

Ribuan Pasukan Pengamanan Pilkada Tuban Telah di Sebar Ke Desa-Desa di 20 Kecamatan

Teks foto Kapolres Tuban AKPB Ruruh Wicaksono

TUBAN, DORRONLINENEWS.COM – Persiapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Tuban, telah di lakukan oleh pihak keamanan yaitu Polres Tuban, Jawa Timur.

Ribuan pasukan sebelum bergeser ke Desa tempat mereka bertugas, terlebih dahulu telah di lakukan apel pasukan dan diberi arahan oleh Kapolres Tuban AKPB Ruruh Wicaksono. Selasa (08/12/2020).

Dalam arahanya Kapolres Tuban AKPB Ruruh Wicaksono menyampaikan, “Pilkada tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kita melaksanakan Pilkada dalam pandemi COVID-19. Ada 12 hal baru di TPS. Tugas rekan-rekan adalah mengamankan segala situasi yang ada. Jika ada masyarakat yang berkerumun di TPS koordinasi dengan KPPS diimbau untuk membubarkan diri,”Katanya.

Sebanyak 5.375 personel telah di terjunkan untuk pengamanan dalam pemungutan suara Pilbup 2020 di wilayah Kabupaten Tuban, sebanyak 573 dari Polres Tuban, 328 personel TNI, serta Linmas 4.474 personel. Mereka akan mengamankan 2.237 TPS yang tersebar di 328 Desa di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Kapolres juga berpesan agar para pasukan segera adaptasi dengan situasi yang ada. Khususnya rekan dari polres yang ditugaskan ke polsek jajaran dan Desa-Desa Serta menjaga kesehatan dan netralitas.

Lebih lanjut Kapolres juga mengatakan bahwa terkait daerah rawan saat ini, “Dari hasil penilaian indeks potensi kerawanan Pilkada, Kabupaten Tuban termasuk yang kurang rawan, namun demikian, kita tetap siapkan langkah-langkah antisipasi potensi kerawanan yang ada akan kita minimalisir,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga di-back up satu peleton Brimob Polda Jatim, dua peleton pasukan Dalmas Polda Jatim, serta 1 peleton dari Polres Bojonegoro. Pasukan BKO akan disiagakan di beberapa wilayah dan saat situasi kontinjensi. (joko/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close