Peristiwa

Peringatan Harjalu ‘765 Tahun 2020 Ditandai Lomba Silat Virtual Oleh Dispora

Teks foto : Penerimaan piala kepada pemenang lomba Silat Virtual oleh kadispora

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – Dalam rangka memperingati Harjalu ‘765 tahun 2020, IPSI (Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia) bersama Dispora kabupaten Lumajang mengadakan lomba khusus. Dalam hal ini adalah mengadakan lomba Silat Virtual, merupakan salah satu cara mengeksiskan Pencaksilat dimasa Pandemi Covid-19 agar olahraga tetap lestari sepanjang masa.

Dikatakan kadispora Paimin, bahwa kabupaten Lumajang kaya dengan potensi olahraga, utamanya Pencaksilat. Ada 20 Perguruan Silat yang masuk IPSI, yang unik adalah Silat Satria Dharma asli kecamatan Tempursari, luar biasa, masyarakat membudayakan nya PD saat masyarakat melakukan hajatan. “IPSI bersama Dispora mengadakan Lomba khusus dalam rangka HARJALU ‘765 tahun 2020, kedepan lomba silat yang mengutamakan seni berharap dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, karena di Lumajang banyak perguruan silat asli Lumajang”, ujar Paimin.

“Yang unik lagi adalah di desa Pandansari, dimana desa tersebut merupakan desa pelestari silat. Dimana dalam Satu desa ada 12 perguruan silat yang disepakati oleh pimpinan perguruan membuat tugu bersama. Kalau di kecamatan Candipuro, satu kecamatan ada kurang lebih 10 perguruan silat, di desa Pandansari sendiri satu desa ada 12 perguruan silat. Tetapi sementara masih 8 perguruan silat yang dipasang, Alhamdulillah modal persatuan”, jelas Paimin.

Dalam hal ini, dikatakan Paimin bahwa untuk pengambilan gambar berlangsung sebelum tanggal 27, dan pelaksanaan penilaian video hari Minggu 27 Desember 2020 di Stadion Semeru Lumajang. “Dari hasil penilaian, untuk juara pertama diraih PO Jatiroto, juara kedua diraih Silat Semeru, dan juara ketiga diraih Silat Sunan Kalijogo. Untuk kedepannya gagasan saya masih kita wacanakan bersama pak camat, kita masih proses bentuk Kampung Silat”, pungkas Paimin.

Segenap jajaran Dispora mengucapkan selamat atas peringatan “HARJALU ‘765 Tahun 2020”, Bersama Membangun Lumajang Sejahtera. (Jiwo/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close