Peristiwa

Gagal Ikut AUTP Tahun 2020 Petani Merugi

Teks foto : ketua Gapoktan desa kepatihan Hamim disela lihat padi yang kebanjiran.

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Karena mayoritas lahan pertanian yang ada di dusun. Glintung Desa Kepatihan, kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur berada diwilayah rawan banjir serta serangan hama yang tidak menentu dan sewaktu -waktu bisa merusak tanaman padi yang ada diwilayah itu maka petani dusun Glintung ikut mendaftarkan AUTP dengan harapan bila gagal panen tidak merugi .

Mengingat banyak keuntungan yang didapat dengan menjadi peserta AUTP yaitu dapat memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman resiko gagal panen sebagai akibat banjir , kekeringan, penyakit serta serangan orgasme pengganggu tanaman .

Tapi harapan petani dusun Glintung, desa Kepatihan ini berbanding terbalik karena menurut petugas PUPT kecamatan Menganti Saiful Afandi mengatakan asuransi subsidi pemerintah kuota Desember tahun 2020 nasional sudah terpenuhi sehingga petani dusun glintung gagal ikut AUTP tahun 2020 .

“Akibat luapan kali Lamong lahan pertanian didusun Glintung terendam air padahal umur tanaman padi baru 1 bulan menurut petani kalau terendamnya sampai 1 Minggu ya mati”. Tutur Petani.

Sementara itu ketua Gapoktan desa Kepatihan Hamim disela -sela lihat banjir akibat luapan Sunga Kalilamong mengatakan memang kuota asuransi subsidi pemerintah tahun 2020 per Desember ini sudah ditutup tapi masih bisa diajukan ikut tahun 2021 . (Anam/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close