Peristiwa

Warga Kedua Desa, Kerja Bhakti Bersihkan Anak Sungai Yang Tersumbat Sampah

Teks foto: Warga dusun Bulakploso, desa Kedunhrukem kerja bhakti bersihkan sampah yang habis di bego

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Begitu terjadi genangan air yang melintas di jalan poros desa Delik Sumber dan SDN Delik Sumber, Kecamatan Benjeng kabupaten Gresik, warga kedua desa antara desa Delik Sumber dan Dusun Bulakploso, desa Kedungrukem langsung kerja Bhakti untuk membersihkan sungai yang menuju sungai Medangan, Desa Kelampok.

Selain mendatangkan Alat berat juga masyarakat untuk membantu membersihkan di jembatan Bulak ploso, yang terjadi akibat tumpukan sampah yang terdiri dari rumpun bambu yang sudah mengering.

Hal ini menjadi pemandangan yang rutin setiap habis musim kemarau, pasti sampah bambu menumpuk di sungai perbatasan Deliksumber dengan Kedungrukem. Yang mengakibatkan sungai tersumbat, dan membuat air meluber ke jalan poros desa dan sekolah.

“Untuk sungai Kali Lamong masih aman, tidak ada luberan”. kata Bayu.

Sementata Kepala Desa Kedungrukem Bayu prahaja hadinata s.sos mengatakan bahwa masyarakat dusun Bulakploso juga membersihkan gunungan sampah yang tersisah dari sungai Deliksumber yang lari menuju jembatan JUT Bulakploso.

Karena sampah yang dibego itu mengalir ke barat dan menyumbat jembatan jalan Usaha Tani yang mengakibatkan air naik. Setelah dibersihkan air di dusun Bulakploso surut.

“Untuk itu kami bersama warga bergotongroyong untuk membersihkannya”. Katanya.

Sementara Camat Benjeng Suryo Wibowo SH yang sejak pagi susah berada di bibir sungai mengatakan bahwa sudah saya laporkan ke BPBD Gresik, dan saya bekerja sama Muspika dan dua kepaladesa untuk mendatangkan alat berat. Dan sisanya biar dibersihkan masyarakat.

“Kalau tenaga manusia berapa hari mas, tumpukan sampah di sungai sekitar 50 meter dari Dam, setelah itu biar masyarakat yang membersihkannya”. Tegasnya.

Sementara itu Abdullah Munir waga Kedungrukem yang sekaligus anggota komisi IV dari Fraksi Gerindra, kepada media menjelaskan bahwa yang banjir itu bukan luapan Sungai Kali Lamong, namun itu karena anak sungai yang menuju sungai Medangan yang tersumbat sampah potongan bambu yang mengering dari atas.

“Alhamdulilah sudah teratasi berkat kerja bhakti warga desa Deliksumber, Dusun Bulakploso, desa Kedungrukem, kini sudah bersih dan airnya lancar dan tidak mungkin melintas di jalan poros”. Jelasnya.

Hadir dalam giat ini Kepala BPBD Gresik, Muspika Benjeng, Kepala desa Kedungrukem, dan Delik Sumber, tagana, Serta Anggota dari BPBWS dan masyarakat dari kedua desa. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker