Peristiwa

Gunung Semeru Alami Peningkatan Aktivitas Vulkanik, Masyarakat Harus Waspada

Teks foto: Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa SH SIK saat meninjau pos pantau gunung Semeru

LUMAJANG, DORRONLINENEWS.COM – Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik, walaupun sementara masih dalam kondisi aman namun masyarakat diharapkan agar tetap waspada dan antisipasi. Sementara ini dilarang beraktifitas di radius yang telah ditentukan.

Dalam hal ini, Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa SH SIK bersama anggotanya meninjau langsung pos pengamatan gunung Semeru yang terletak di gunung Sawur, desa Sumberwuluh, kecamatan Candipuro, kabupaten Lumajang, Senin (30/11/2020).

Dikatakan Deddy kepada awak media, bahwa meski gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik, namun sementara ini masih tetap dalam kondisi aman. “Sebelumnya memang ada beberapa letusan dan lava pijar, tetapi untuk sementara ini dalam kondisi aman. Kami menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di kecamatan Pronojiwo, agar tetap antisipasi, meskipun statusnya waspada”, Jelas Deddy.

Sementara itu, pengamat pos pantau gunung Semeru Mukdas Sofyan mengatakan, bahwa untuk saat ini masih mengeluarkan larva pijar karena gravitasi mengakibat longsor tapi masih jauh dari jalur aman sekira 500 sampai 100 km berstatus waspada.
“Kepada masyarakat, kami menghimbau untuk sementara ini dilarang beraktifitas di radius yang telah ditentukan. Para penambang di bantaran sungai dekat gunung Semeru, juga diminta waspada”, pungkas Sofyan. (Jiwo/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker