Ragam

60 Perwira AAL Ikuti Sarasehan Perwira Korps Khusus TNI AL Tahun 2020

Teks foto : Perwira Korps Khusus yang berdinas di Akademi Angkata Laut (AAL) mengikuti kegiatan Sarasehan Perwira Korps Khusus Tahun 2020 yang dibuka Asisten Personel Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc., CHRMP. secara virtual

SURABAYA, DORRONLINENEWS.COM – Sedikitnya 60 Perwira Korps Khusus yang berdinas di Akademi Angkata Laut (AAL) mengikuti kegiatan Sarasehan Perwira Korps Khusus Tahun 2020 yang dibuka Asisten Personel Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc., CHRMP. secara virtual yang digelar di gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Rabu (18/11).

Sarasehan virtual yang menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini diselenggarakan oleh Dinas Hukum TNI Angkatan Laut dari Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur yang diikuti seluruh Kotama TNI AL di wilayah Indonesia.

Sarasehan yang mengusung tema “Membangun SDM Perwira Korps Khusus dalam Mendukung Tugas TNI AL” ini, dibuka Aspers Kasal yang menyampaikan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo margono, S.E.,M.M. tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul yang dimulai dari proses rekrutmen, pendidikan, kesejahteraan prajurit serta menata Manajemen SDM.

Sebelum acara sarasehan dimulai, Direktur Personel Akademi Angkatan Laut (Dirpers AAL) Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P selaku Pembina Korps Khusus di AAL mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh Perwira Korps Khusus AAL pada acara sarasehan dalam rangka memberikan pembekalan dan pencerahan tentang dinamika pengabdian Korps Khusus di TNI AL.

Menurutnya, sarasehan Perwira Korps Khusus TNI AL tahun ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) pada prinsipnya mengingat pada saat ini sedang terjadi pandemik covid-19, yang mengakibatkan tidak memungkinkan apabila dilaksanakan tatap muka, sehingga sarasehan Korps Khusus TNI AL tahun ini dilaksanakan secara daring.

Sarasehan ini lanjut Dirpers AAL, diisi dengan pencerahan Kadiskum TNI AL Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D., Kadisbintal TNI AL Laksma TNI Drs. Ian Heriyawan dan Kadispsi TNI AL Laksma TNI Wiwin Dwi Handayani, S.Psi., M.Si. Selain itu peserta sarasehan juga mendapat pencerahan dari motivator terkenal dari Surabaya yaitu Adri Suyanto, S.H.

Kadiskum TNI AL, selaku Pembina Korps Khusus TNI AL mengungkapkan bahwa perwira Korps Khusus merupakan bagian dari satu kesatuan pembinaan personel di lingkungan TNI AL yang cukup banyak berkiprah diberbagai bidang penugasan.

“Saya berharap agar para Perwira Korps Khusus terus dapat menyumbangkan darma baktinya kepada TNI AL, oleh karena itu sarasehan ini merupakan salah satu ajang silaturahmi dan saling berbagi, saling mengoreksi untuk memberi masukan bagaimana sebaiknya pembinaan Korps Khusus ini untuk bisa lebih baik, walaupun pada saat ini juga ada pembinaan profesi yang dalam suatu posisi kadang-kadang lebih dominan, tetapi selaku Pembina Korps Khusus saya biasanya juga selalu diminta tanggapannya ketika bicara mengenai masalah pendidikan, mengenai masalah penempatan jabatan dan karir,” ungkap Kadiskum TNI AL.

Kadiskum juga mengajak para peserta sarasehan untuk saling mengisi diri, saling mengoreksi untuk hal yang terbaik demi semakin berkiprahnya Korps Khusus di masa yang akan datang.

“Kalau boleh saya berpesan mari selalu kita tingkatkan karakter kita, profesionalisme kita, moral kita, dedikasi kita kepada pemenuhan tugas TNI Angkatan Laut, tugas TNI demi menjadi bagian dari pengabdian kita kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sementara itu motivator Adri Suyanto, S.H. dalam pencerahannya yang bertajuk Awareness and Ownership to Execellence Execution menyampaikan panjang lebar mengenai bagaimana cara meninstall Awareness and Ownership pada diri pribadi kita masing-masing.

Meski kocak dalam menyampaikan materinya, pria lulusan Fakultas Hukum Unair Surabaya ini tetap sarat akan keilmuan tentang bagaimana agar orang-orang disekitar kita dapat bekerja sesuai dengan target yang dinginkan organisasi. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu diketahui tentang kriteria seseorang, yaitu Skill, Value dan Mood Booster dari sesorang tersebut. Sedangkan Skill tersebut berisikan Knowledge, Competency dan Capacity. (Kabagpen AAL/lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close