Ekonomi dan Bisnis

PD Bank Pasar Gresik Salurkan Kredit Ke Bumdes

Teks Foto : Direktur PD Bank Pasar bersama Karyawan

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Disaat Pandemi berkepanjangan Penyaluran kredit perbankan memiliki banyak tantangan. Salah satunya pihak bank harus selektif dalam memberikan pembiayaan agar tidak menjadi kredit macet.

Agar angka penyaluran kredit tetap sesuai target, sejumlah perbankan memiliki beberapa strategi. Seperti yang dilakukan PD Bank Gresik dengan menggenjot kredit untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Direktur Utama Bank Gresik, Al Kusani menuturkan, saat ini pihaknya telah memberikan kucuran kredit kepada lima Bumdes di Gresik masing-masing senilai Rp 50 juta. Kelimanya yakni Bumdes Hendrosari Menganti, Balongpanggang, Bungah, Kedamean dan Bumdes Banjarsari di Kecamatan Cerme.

“Plafon awal kami siapkan Rp 50 juta per Bumdes. Kemungkinan nanti akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan,” kata Al Kusani dalam kegiatan sosialisasi Kredit Bumdesn kemarin.

Dikatakan, Bumdes yang mendapat kucuran kredit dari Bank Gresik sebelumnya telah melalui proses verifikasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Gresik. Selanjutnya Bumdes yang dianggap bankable akan diberikan bantuan permodalan dengan bunga flatt 1 persen perbulan dengan tenor 4 tahun.

“Sebenarnya kamu bisa memberikan kredit hingga Rp 1 miliar per Bumdes. Namun kami harus melihat rencana bisnis kerjanya terlebih dahulu sehingga kami bisa mengukur tingkat return pinjaman agar tidak menjadi kredit macet,” imbuhnya.

Sementara itu dirincikan, hingga Oktober 2020 Bank Gresik telah mengucurkan kredit diberbagai sektor hingga Rp 46,5 miliar dari target yang dicanangkan tahun ini senilai Rp 47 miliar. Sedangkan angka Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun hingga saat ini mencapai Rp 38 miliar dari total target DPK Rp 37 miliar.

“Untuk target kredit sudah terealisasi 96 persen sedangkan target DPK sudah diatas 100 persen,” pungkasnya. (Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close