Pendidikan

Kodim 0817/Gresik Selenggarakan Kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (wasbang) Triwulan III TA 2020

Teks Foto : Kasdim Mayor Inf Sugeng Riyadi ketika membuka acara Wasbang Triwulan TA 2020

GRESIK, DORRONLINENEWS.COM – Kegiatan ini diselenggarakan berthemakan ” Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan” dalam hal ini Kasdim 0817/Gresik (Mayor Inf Sugeng Riyadi) hadir untuk membacakan sambutan Dandim 0817/Gresik (Letkol Inf Taufik Ismail S.Sos .M.I .Pol) kegiatan dilaksanakan di Aula Brigjen TNI Rahmatullah Kodim 0817/Gresik. Senin (28/09/20).

Dalam kegiatan ini Pasiter Kodim 0817/Gresik (Kapten Inf Siari) sebagai penanggung jawab kegiatan yang diikuti sebanyak 30 Orang yang meliputi Pelajar, Masyarakat Umum, Toda, Tomas dan Pegawai Pemerintahan yang berada di wilayah Kabupaten Gresik, sebelum kegiatan dimulai seluruh peserta wajib melaksanakan Protokol Kesehatan dengan menggunakan Masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang telah disediakan oleh Penyelenggara Kegiatan. Dan juga seluruh peserta juga dilakukan pengecekan Suhu Tubuh. Dan ketika melaksanakan kegiatan didalam ruangan juga diterapkan Jaga Jarak untuk menghindari Penyebaran Virus Covid-19.

Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam hal ini membacakan Sambutan Dandim 0817/Gresik yang intinya “Bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan yaitu untuk membina dan membentuk komponen masyarakat Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa ksatria serta memiliki rasa cinta Tanah Air yang berlandaskan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dengan semangat bela negara guna mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, kegiatan ini dilaksanakan juga dilatarbelakangi beberapa kondisi antara lain, fenomena bahwa kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia secara alamiah mengalami suatu pergeseran atau perubahan yang signifikan dari semua sendi kehidupan. Kemudian heteroginitas dan keragaman Bangsa Indonesia merupakan suatu keniscayaan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa,

akan tetapi ketidakmampuan untuk mengelola telah mengakibatkan terjadinya berbagai gejolak atau konflik yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa. Saya berharap tujuan dari kegiatan ini akan tercapai yaitu dalam memberikan pemahaman kepada seluruh komponen bangsa bahwa NKRI memiliki ciri khas Kebhinnekaan yang berdasarkan Pancasila serta menyatukan tekad untuk meneguhkan komitmen satu bangsa, satu Tanah Air dan satu Bahasa Indonesia yang bermuara pada terbentuknya rasa nasionalisme yang pantang menyerah dan siap membela Negara dan Bangsa Indonesia”.

Kasdim 0817/Gresik menambahkan “Kepada seluruh peserta kegiatan Wasbang saya harapkan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah terlebih Perbup No. 22 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan. Salah satu tujuan Wasbang kali ini adalah bertujuan untuk menumbuhkan Kecintaan terhadap tanah air salah satunya dengan Disiplin dengan mematuhi Protokol Kesehatan karena dengan kita bisa disiplin dalam menerapkan dan menjadi Contoh kepada orang lain dalam menjaga kesehatan, dengan kita hidup sehat dan bersih itu bisa menjadi upaya kita dalam mencintai tanah air untuk melindungi Masyarakat lain dengan Memutus rantai penyebaran Covid-19” tuturnya.

“Apalagi peserta yang hadir Notabene banyak dari Kalangan adik-adik Pelajar, maka mari kita semua bisa menerapkan hidup bersih dan menjaga pola hidup sehat, hindari Narkoba, terus giat dalam belajar terlebih dalam masa pandemi ini adek-adek tidak melaksanakan kegiatan belajar di sekolah hanya melalui Belajar via Online, maka apabila tidak ada kegiatan yang penting lebih baik di rumah bersama keluarga, belajar dan ibadah, karena kalian adek-adek pelajar adalah Penerus bangsa dan semoga bisa meraih cita-cita yang kalian impikan kedepannya” ucapnya.

Dalam kegiatan ini peserta juga menerima materi yang bisa menjadi bekal dalam kehidupan bersama Masyarakat, materi tersebut antara lain disampaikan oleh Pasiter Kapten Inf Siari (Materi Empat Konsesus Dasar Kenegaraan), Kapten Inf Zainudin (Materi Etika dalam pergaulan) Kapten inf Bambang materi (Proxy War) Kapten Inf Imam Suudi (Materi Bela Negara), Kapten Arh Nurul Qomar (Materi Bahaya Narkoba dan pergaulan Sex Bebas). (Pen 17/Lono)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close