Opini

Keberadaan Tambak Udang PT LUIS Menciptakan Nilai Positif Pemerintah Dan Masyarakat Kabupaten Lumajang oleh Jiwo

Teks Foto : aktifitas PT LUIS di desa Selok Anyar dan Selok Awar – Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang (jiwo)

Keberadaan Tambak Udang PT LUIS yang berlokasi di desa Selok Anyar dan Selok Awar-awar, kecamatan Pasirian, kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tepatnya di Pesisir Pantai Watupecak menjadikan dampak positif terhadap warga setempat dan sekitarnya. Luasnya yang sementara sekitar kurang lebih Tiga Puluh hektaran tersebut berawal dari hamparan yang banyak berlubang dan banyak kubangan bekas penambangan liar, disulap oleh PT LUIS menjadi lahan yang produktif yang membawa berkah kepada warga setempat dan sekitarnya.

Hamparan pasir yang penuh dengan lubang dan kubangan bekas penambangan liar, oleh PT LUIS dilakukan pengurukan dan perbaikan, dibangun akses jalan yang awalnya hanya bisa dilewati motor sekarang bisa dilewati mobil yang bisa dilalui banyak pengguna. Termasuk para pencinta wisata, menjadikan nyamannya berkendara menuju objek wisata. Puluhan hektar lahan lahan bekas penambangan liar yang ditinggalkan begitu saja, warga merasa bersyukur dengan adanya pengurukan tersebut. Termasuk dengan penyelamatan cemara-cemara yang termasuk kawasan konservasi nantinya.

PT LUIS menjadikan sinergitas terhadap lahan pertanian, lahan-lahan pertanian tetap lestari dan menjadikan dampak positif terhadap masyarakat dan keberadaan PT LUIS. Dengan adanya tambak PT LUIS nantinya banyak tenaga kerja yang direkrut, khususnya warga setempat dan sekitarnya. Jalan yang sempit sekarang menjadi lebar, listrik bisa masuk yang dulunya masyarakat bekerja keras membuat jalan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan masuknya listrik membuat warga merasa nyaman. Pemerintahpun juga ikut terbantu dengan adanya tambak udang PT LUIS ini, bisa mengentaskan sebagian pengangguran tanpa harus meninggalkan kampung halaman untuk menjadi pekerja di perantauan.

Menurut cerita salah satu warga yang sekarang sudah berumur kurang lebih Tujuh Puluh tahunan, sekitar tahun Enam Puluhan ombak laut Selatan ke Utara sampai ke Hamparan yang sekarang jadi tanah sawah yang dimiliki warga. Dengan adanya tambak PT LUIS masyarakat bersyukur merasa terbantu, fasilitas terpenuhi mulai jalan sampai penerangan Listrik. Menurutnya banyak keuntungan yang didapat dengan adanya tambak udang PT LUIS ini.

PT LUIS berinvestasi di kabupaten Lumajang ini bertujuan memberikan nilai positif pada pemerintah dan masyarakat, membangun daerah dan menciptakan lapangan kerja, menyerap tenaga kerja lokal dan daerah. Memberikan manfaat kepada warga, membawa dampak yang amat bermanfaat untuk lingkungan serta para petani. Turut membantu pemerintah memberikan pengawasan terhadap lingkungan, mendukung dan mengawasi dengan baik kesejahteraan masyarakat sekitar. (***)

Komentar

Berita Terkait

Back to top button
Close